Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dropbox Kini Terintegrasi dengan Microsoft Office

Kompas.com - 06/11/2014, 09:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft pada Selasa (4/11/2014) mengumumkan kerjasamanya dengan layanan penyimpanan cloud, Dropbox. Dengan kerjasama tersebut, pengguna layanan Microsoft Office juga bisa menggunakan Dropbox untuk sarana penyimpanan awan mereka, selain layanan dari One Drive.

Dikutip KompasTekno dari Arstechnica, Kamis (6/11/2014), layanan aplikasi Office di platform iOS dan Android akan menyertakan dukungan Dropbox. Pengguna bisa mengakses dokumen Office mereka yang disimpan dalam Dropbox.

Pengumuman kerjasama Microsoft dan Dropbox tersebut sempat dikabarkan oleh CEO Microsoft, Satya Nadella melalui akun Twitter pribadinya.

"Senang bekerjasama dengan @drewhouston untuk membawa @Dropbox ke dalam @Office dan memberi konsumen kami tools untuk bekerja dengan mudah," demikian bunyi cuitan Nadella pada Selasa (4/11/2014),

Pada awal 2015 mendatang, halaman web Dropbox dan Office Online juga akan saling mendukung satu sama lain. Dengan demikian, pengguna Office bisa membuka, mengedit, dan berbagi dokumen Office dalam Dropbox.

Kemampuan seperti di atas saat ini telah dimiliki oleh Google yang mengintegrasikan penyimpanan Drive dengan aplikasi dokumen Docs dan Sheet.

Sementara itu, Microsoft saat ini juga dikabarkan sedang melakukan integrasi Dropbox dalam Windows Phone dan Windows Metro. Integrasi tersebut diharapkan bisa terwujud dalam beberapa bulan ke depan.

Microsoft dan Dropbox memiliki hubungan yang semakin mesra akhir-akhir ini. Awal tahun ini, Dropbox memperkenalkan Project Harmony, yaitu layanan editing real-time untuk dokumen Microsoft Office bagi pengguna Dropbox dari kalangan bisnis.

Dengan kolaborasi dengan Microsoft, belum pasti apakah Project Harmony akan dilanjutkan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com