Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean, Antusiasme dan Ajakan Bermain

Kompas.com - 08/11/2014, 11:29 WIB

Penulis: Eko Nugroho,

KOMPAS.com - Waktu baru menunjukkan pukul 09.00, tetapi ribuan orang telah mengantre dengan antusias di depan pintu masuk Messe Essen, tempat pergelaran Internasionale Spieltage Spiel 2014 (Spiel’14).

Pameran board game internasional terbesar di muka bumi tersebut telah membawa Kota Essen di Jerman kondang ke hampir seluruh dunia. Mudah dimaklumi kalau pengunjung berbondong-bondong, beberapa bahkan berlari berebut masuk saat pintu pameran dibuka tepat pukul 10.00.

Spiel merupakan acara tahunan tempat seluruh praktisi industri dan penggemar board game dunia berkumpul. Tahun ini, Spiel dilaksanakan pada 16–19 Oktober 2014 dan telah mencatatkan rekor total jumlah pengunjung 158.000 orang dan menjadikannya ajang pameran board game terbesar di dunia.

Tahun ini, terdapat 832 peserta pameran (ekshibitor) dari 41 negara yang meramaikan area pameran seluas seluar 58.000 meter persegi (sekitar 6 kali luas lapangan sepak bola).

Untuk pertama kalinya, dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berbagai board game asli Indonesia turut hadir di ajang pameran internasional tersebut.

Tempatnya Nyaman

Spiel’14 memberi pengalaman unik dan berkesan bagi setiap pengunjung. Dari pintu masuk hingga ke setiap sudut area pameran, ada berbagai suguhan board game yang begitu menarik. Seluruh peserta pameran menggunakan sebagian besar area booth yang dimilikinya sebagai area bermain.

Setiap game publisher ternama bahkan menyediakan area bermain lebih dari 100 meter persegi sehingga para pengunjung bisa dengan nyaman mencoba berbagai game yang dihadirkan.

Dengan tiket masuk per hari seharga 10 euro, setiap pengunjung bisa mencoba lebih dari 800 judul permainan yang ditampilkan, mulai board game untuk anak, keluarga, hingga yang didesain khusus bagi mereka penggemar game strategi yang cukup kompleks.

Selain mencoba –game-game terbaru dan terbaik dari seluruh dunia, para pengunjung dapat membeli berbagai game tersebut dengan harga miring.

Spiel’14 berbeda dengan berbagai international gaming event lain yang umumnya didominasi ingar-bingar musik dan cahaya dari berbagai alat permainan digital. Keramaian yang hadir di Spiel didominasi suara serta keramaian dari pengunjung yang tertawa dan asyik bermain bersama.

Di berbagai tempat, kita bisa dengan mudah menemukan pemandangan ayah-ibu dan anak-anaknya bermain bersama dengan gembira. Bagi masyarakat Jerman, Spiel tidak lagi dilihat sebagai sebuah ajang pameran game semata, tapi juga sebuah tempat tujuan wisata keluarga yang begitu menarik.

Setiap hari pameran ditutup pada pukul 18.00, tetapi aktivitas bermain tidak lantas terhenti.  Di berbagai sudut kota, di restoran-restoran, bisa ditemukan orang-orang tengah membicarakan berbagai game yang telah mereka coba dan melihat tumpukan game yang baru saja dibeli.

Berbagai hotel dan kampus bahkan menyediakan ruangan khusus bagi setiap orang yang ingin kembali bermain board game. Hingga tengah malam, seluruh kota seakan menjadi sebuah taman bermain raksasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com