Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 98 Jadi Sistem Operasi iPhone 6

Kompas.com - 12/11/2014, 10:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Seorang programer asal Tiongkok dilaporkan berhasil meng-install sistem operasi Microsoft Windows 98 di perangkat Apple iPhone 6 Plus.

Foto-foto iPhone 6 Plus yang menjalankan OS Windows 98 tersebut diunggah ke dalam situus forum bbs.feng.com yang populer di Tiongkok.

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Selasa (11/11/2014), awalnya diduga Widows 98 tersebut dijalankan dengan emulasi berbasis script sehingga menyerupai Windows 98.

Namun ternyata, sistem operasi tersebut adalah Windows 98 asli yang benar-benar berjalan di smartphone terbaru unggulan Apple.

Dalam postingan di forum itu, diketahui bahwa Windows 98 yang dijalankan di iPhone 6 Plus tersebut memanfaatkan aplikasi iDOS yang bekerja untuk mengemulasi sistem operasi PC lama.

Sebagian besar fungsi-fungsi utama Windows 98 berjalan normal, namun peretas tersebut mengaku tidak bisa melakukan upgrade ke Windows XP.

Sebelumnya, seorang programer juga berhasil memasang sistem operasi Microsoft lawas, Windows 95 dalam perangkat smartwatch Samsung, Gear Live.

Programer tersebut menggunakan emulator DOS bernama ADosBox yang memungkinkan perangkat berbasis ARM menjalankan software yang ditulis untuk arsitektur x86.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com