Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kembali ke "Pelukan" Samsung

Kompas.com - 18/11/2014, 14:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tak tahan lama berpaling, Apple telah kembali ke "pelukan" Samsung.

Menurut sebuah laporan yang dilansir Kompas Tekno dari Business Insider, Selasa (18/11/2014), perusahaan berlambang buah apel tergigit itu telah mengontrak Samsung untuk memproduksi chip yang digunakan di iPhone dan iPad mulai 2016 mendatang.

Sebelumnya, pada tahun ini, Apple sempat mengalihkan kontrak produksi chip dari Samsung ke sebuah pabrikan prosesor lain bernama Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Gara-gara pengalihan itu, Samsung hanya memproduksi sebagian kecil chip Apple sehingga mengalami penurunan profit mencapai kisaran 50 persen.

Pihak Samsung sendiri menjelaskan bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh bisnis smartphone dan chip yang melambat.

Tapi Apple agaknya kurang puas dengan kinerja TSMC dan memutuskan untuk kembali ke Samsung.

Kini Samsung akan memproduksi sebanyak 80 persen dari chip yang digunakan di ponsel pintar iPhone dan tablet iPad. Perjanjian kerjasama manufaktur kedua perusahaan disebut bernilai "miliaran" dollar AS.

Di sisi lain, dalam industri smartphone yang kompetitif, Samsung masih menghadapi tantangan berupa persaingan dengan pabrikan smartphone, seperti Xiaomi dan Lenovo yang sanggup menelurkan produk berkualitas dengan harga lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com