Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Gratis tetapi Bayar Tak Lagi "Free"

Kompas.com - 21/11/2014, 07:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Menanggapi kontroversi seputar aplikasi yang bisa diunduh gratis namun mengharuskan / mengajak pengguna membeli beberapa item setelah mengunduhnya (atau disebut in app purchase), Apple mengambil langkah untuk mengganti kata "Free" (Gratis) di toko aplikasinya dengan "Get" (Dapatkan).

Apple tidak mengatakan secara jelas apa alasan di balik perubahan nama tersebut, namun menurut 9to5Mac, Rabu (18/11/2014), hal itu berhubungan dengan aplikasi freemium yang banyak diunduh dan berujung pada tagihan yang tak terduga yang dibebankan kepada pengguna.

Perubahan penggunaan istilah tersebut sudah dilaporkan oleh beberapa pengguna App Store di beberapa negara. Sementara itu, untuk aplikasi-aplikasi berbayar lainnya, toko aplikasi Apple tetap menampilkan harga setiap aplikasi seperti biasanya.

Selama ini, di Amerika Serikat, Apple menghadapi tekanan dari lembaga perlindungan konsumen yang menuntut kejelasan tentang aplikasi yang diberi label gratis di toko aplikasinya, namun mengharuskan pengguna membeli di tengah-tengah pemakaian.

CEO Apple, Tim Cook sendiri di awal tahun ini telah mengumumkan bahwa Apple telah mencapai kesepakatan dengan Federal Trade Commision (FTC) tentang perbedaan in-app purchase, walau saat itu Cook mengatakan bahwa Apple tidak perlu melakukan perubahan apa pun.

Setelah Apple, belum diketahui apakah Google juga akan melakukan langkah yang sama pada toko aplikasi Android-nya, Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com