Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Uji Coba "Browsing" Berbayar

Kompas.com - 24/11/2014, 16:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Penjelasan mekanisme dasar program web berbayar Google Contributor

KOMPAS.com — Capek melihat segala macam iklan yang bergelimpangan di situs-situs internet? Bagaimana jika pengguna bisa membayar biaya langganan agar bisa berselancar tanpa perlu melihat iklan?

Itulah yang sedang diuji coba oleh Google melalui sebuah program bernama Contributor. Di sini, sebanyak 10 web publisher menyediakan jasa langganan dengan biaya antara 1 dollar AS hingga 3 dollar AS per bulan.

Dengan membayar biaya tersebut, nantinya pengunjung tidak akan melihat iklan lagi di laman yang bersangkutan, tetapi nota-nota ucapan terima kasih yang menggantikan slot iklan Google Ads.

"Saat Anda mengunjungi situs yang berpartisipasi (dalam program ini), sebagian kontribusi Anda masuk ke kantong pembuat situs," bunyi penjelasan dalam situs Google Contributor yang dikutip Kompas Tekno dari Cnet, Senin (24/11/2014).

Situs-situs yang berpartisipasi dalam program Contributor termasuk layanan photosharing Imgur, situs berita teknologi Mashable, dan kamus bahasa slang Urban Dictionary. Pengguna yang berminat bisa mengajukan diri dalam daftar tunggu.

Eksperimen Google ini adalah hal yang menarik, mengingat sebagian besar pendapatannya berasal dari iklan, seperti juga jejaring sosial Facebook. Iklan pula yang menjadi fondasi layanan-layanan gratis yang tersedia di internet.

Mekanisme bagi hasil antara Google dan pengelola situs tidak dijelaskan, tetapi perusahaan tersebut menegaskan bahwa jumlah yang diberikan ke publisher sama dengan rate slot iklan di situs mereka sehingga pendapatan tak terpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com