Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Tablet Xiaomi Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 25/11/2014, 07:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Xiaomi, produsen smartphone asal Tiongkok, disebut-sebut sedang menyiapkan tablet Android murah dengan harga Rp 1 jutaan.

Setelah situs GFXBench pada bulan lalu merilis spesifikasi tablet Android murah Xiaomi tersebut, kabar terbaru yang beredar menyebut bahwa perangkat itu sekarang sudah menunggu lisensi jaringan dari Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) Tiongkok.

Dikutip KompasTekno dari situs Android Headlines, Selasa (25/11/2014), spesifikasi tablet Android murah Xiaomi akan mengusung ukuran layar 9,2 inci resolusi 720p dan mendukung jaringan GSM/WCDMA/TD-LTE dan LTE FDD.

Spesifikasi lain yang terungkap adalah tablet tersebut akan memiliki RAM sebesar 1 GB, memori 1,2 GHz, penyimpanan internal 8 GB, CPU quad core Qualcomm Snapdragon 410, serta GPU Adreno 306.

Xiaomi disebut akan menjual perangkat tablet tersebut dengan banderol harga 599 yuan di Tiongkok (sekitar Rp 1 jutaan) dan akan mulai dijual pada akhir tahun 2014 ini.

Namun, belum ada kepastian apakah tablet murah Xiaomi tersebut juga akan dipasarkan di luar Tiongkok atau tidak.

Dengan memproduksi tablet Android murah, Xiaomi berharap agar target penjualan 100 juta unit perangkat Xiaomi akan tercapai pada tahun 2015 nanti.

Jumlah 100 juta memang tergolong sedikit, tetapi jika melihat penjualan Xiaomi pada tahun 2013 yang hanya mencapai 19 juta produk, maka lompatan jumlah penjualan tersebut tergolong fantastis.

Selain smartphone dan tablet, Xiaomi juga sedang menjajaki untuk membuat perangkat televisi pintar (smart TV) yang juga akan dipasarkan mulai tahun depan.

Xiaomi saat ini menjadi original equipment manufacturer (OEM) nomor satu di Tiongkok dan ketiga terbesar di dunia. Perusahaan tersebut sedang berencana berekspansi ke negara-negara Amerika Latin, India, Tiongkok bagian tenggara, dan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com