Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Akan Beli Kembali Sahamnya Rp 24 Triliun

Kompas.com - 27/11/2014, 13:10 WIB
KOMPAS.com — Samsung Electronics akan membeli kembali sahamnya (buyback) senilai 2,19 triliun won atau sekitar 2 miliar dollar AS yang beredar di pasar.

Aksi tersebut dilakukan setelah perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan akan menjual sahamnya di bisnis bahan kimia dan bisnis pertahanan senilai 1,9 triliun won ke Hanwha Group. Hanwha merupakan produsen bahan, yang sudah berproduksi lebih dari enam dekade.

Samsung Electronics, produsen ponsel terbesar dunia saat ini, akan membeli kembali 1,65 juta saham biasa dan 250.000 saham preferen. Rencananya, perusahaan yang mempunyai nilai pasar 176,9 triliun won itu akan membeli sahamnya pada 26 Februari tahun depan.

Seperti diketahui, saat ini Samsung tengah mempersiapkan penyerahan kekuasaan dari tangan Lee Kun Hee, yang dirawat di rumah sakit sejak Mei lalu, kepada anaknya, Lee Jae Yong, selaku pewaris.

"Ini jelas menunjukkan niat Lee Jae Yong bahwa ia akan fokus pada bisnis yang menunjukkan bahwa Samsung dapat bermain dengan baik dan akan menjual bisnis yang tidak kompetitif," ujar Kim Ji San, analis Kiwoom Securities Co di Seoul.

Pekan lalu, Samsung Heavy Industries Co harus membatalkan rencana merger dengan Samsung Engineering Co setelah pemegang saham akan melakukan buyback. (Kontan/Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com