Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Awal Mula Nama "Angry Birds"

Kompas.com - 28/11/2014, 07:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Angry Birds boleh dikata merupakan salah satu game mobile paling dikenal di seluruh dunia. Game 2D bikinan developer Rovio asal Finlandia ini rupanya berawal dari sebuah karakter sederhana berbentuk burung yang dibikin oleh seorang anggota tim Rovio ketika mencari ide untuk sebuah game baru.

"Lalu dibuatlah cerita sekumpulan burung marah karena telurnya dicuri gerombolan babi hijau, di situlah letak awal mulanya. Mekanisme game seperti slingshot dibuat setelahnya untuk menyesuaikan dengan plot," tutur Chief Marketing Officer Rovio Peter Vesterbacka ketika berbicara di panggung konferensi Startup Asia 2014 di Jakarta, yang dihadiri KompasTekno, Kamis (27/11/2014).

Kebetulan pula, Rovio sedang mencari nama game yang catchy sehingga mengundang rasa penasaran. "Kami butuh sesuatu gampang melekat di kepala dan membuat orang-orang bertanya kenapa namanya seperti itu," lanjut Versterbacka yang di Rovio biasa dipanggil "Mighty Eagle".

Nama "Angry Birds" pun kemudian dipilih untuk game baru yang dirilis pada akhir 2009 di platform iOS itu. Dalam waktu singkat, Angry Birds berhasil mendaki tangga aplikasi terpopuler di negeri asalnya.

Kini, Vesterbacka mengatakan bahwa game Angry Birds telah berhasil mengoleksi angka unduhan sebesar 2,5 miliar. Keberhasilan Rovio dinilainya tak lepas dari perubahan ekosistem mobile modern yang didorong oleh perkembangan smartphone.

"Dulu, saat Rovio pertama masuk bisnis game, untuk bisa masuk ke industri Anda harus mengenal para pemain besar seperti operator telko dan vendor perangkat. Kehadiran toko-toko aplikasi telah mengubah semua itu," ujar Vesterbacka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com