Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Startup dari Pembuat Angry Birds

Kompas.com - 28/11/2014, 09:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Angry Birds dari developer Rovio asal Finlandia adalah salah satu seri game mobile yang berhasil menuai sukses di pasaran.

Dalam ajang Startup Asia 2014 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (27/11/2014), Chief Marketing Office Peter Vesterbacka berbagi sedikit tips untuk perusahaan rintisan alias startup yang hendak menggeluti bisnis pengembangan game.

"Yang utama adalah Anda harus memiliki passion terhadap apa yang Anda kerjakan," kata Versterbacka mengawali "wejangannya". Passion ini disebutnya merupakan hal yang penting karena menentukan konsistensi dan daya juang perusahaan yang bersangkutan.

"Tak ada cerita sukses instan. Rovio sendiri membuat puluhan judul game sebelum akhirnya berhasil dengan Angry Birds," tegasnya.

Tips berikutnya adalah soal diferensiasi produk. Sebuah game, menurut Versterbacka, harus bisa "stand-out" di antara lautan game yang ada di pasaran. "Untuk setiap game macam 'Angry Birds' ada ribuan game lain. Tak semuanya bisa berhasil."

Yang terakhir dan tak kalah penting, Versterbacka bicara soal branding alias pemasaran produk game yang bersangkutan. Sebuah produk bagus menurutnya mutlak didampingi oleh promosi yang baik pula.

"Anda harus serius soal branding ini. Soalnya, tak peduli seberapa bagus produk yang Anda buat, semua tak akan berarti apabila tak ada orang yang tahu," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com