Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADS

Begini Cara Kerja Charge Cepat ala Oppo

Kompas.com - 02/12/2014, 13:02 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Oppo R5 dilengkapi sebuah solusi pengisian daya cepat yang dinamakan VOOC Rapid Charge. Dengan menggunakan teknologi tersebut, Oppo mengklaim para pengguna perangkat ini dapat mengisi 75 persen kapasitas baterai hanya dalam waktu 30 menit.

Pertanyaannya, bagaimanakah sebenarnya cara kerja dari teknologi VOOC Rapid Charge ini? Menurut Oppo, VOOC Rapid Charge dikendalikan oleh sebuah chip MCU. Chip tersebut dibenamkan di sebuah adapter.

MCU ini ditugaskan untuk mengontrol konversi dan tegangan arus listrik yang masuk. Nantinya, jika sesuai dengan syarat pengisian cepat, VOOC Rapid Charge dapat diaktifkan. Selain di adapter, MCU juga menjalankan pengendalian yang sama pada output tegangan arus listrik ke kabel data, port USB pada perangkat, dan sel baterai.

Untuk keamanannya sendiri, pada bagian perangkat juga ditanamkan sumbu proteksi. Apabila terjadi tegangan arus tidak normal, sumbu ini akan putus dan pengisian daya langsung berhenti secara fisik.

Teknologi VOOC Rapid Charge yang ada di Oppo R5 sendiri sebenarnya sudah masuk ke generasi kedua. Pada generasi yang lebih baru ini, Oppo berhasil membuat adapter yang lebih kecil, tetapi diklaim tetap dapat mengisi daya baterai secepat VOOC pertama. Teknologi teranyar, yang disebut VOOC mini, ini memiliki adapter yang lebih kecil, yaitu 32 mm berbanding 60 mm.

Oppo mengklaim membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk mengembangkan VOOC Rapid Charge baru ini. Waktu tersebut digunakan untuk merancang ulang komponen pengisian daya dari baterai, port USB, kabel data, adapter, dan sirkuit pengisian daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com