Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Sony Cuma Rusak Komputer OS Tertentu

Kompas.com - 05/12/2014, 13:19 WIB
KOMPAS.com - Hampir dua minggu setelah serangan maya besar-besaran terhadap Sony Pictures Entertainment, studio Hollywood itu masih berjuang untuk memulihkan beberapa sistem komputernya. Sementara para penyelidik mencari bukti untuk mengidentifikasi pelaku serangan.

Menurut seorang sumber yang mengetahui sistem jaringan Sony, beberapa karyawan di unit hiburan Sony Pictures diberi komputer baru untuk menggantikan komputer yang telah diserang dengan virus langka penghapus data, yang telah membuat perangkat komputer tidak dapat beroperasi.

Serangan maya yang diluncurkan pada 24 November itu ternyata hanya mempengaruhi komputer dengan sistem operasi Windows dari Microsoft. Karyawan Sony yang menggunakan produk MacOS dari Apple, seperti banyak karyawan di departemen pemasaran, tidak terpengaruh serangan maya itu.

Sony Pictures Entertainment telah menutup jaringan komputer internalnya pekan lalu untuk mencegah serangan malware penghapus data itu melakukan kerusakan lebih lanjut terhadap sistem komputer perusahaan, hingga memaksa karyawan bekerja menggunakan kertas dan pena.

Saat ini, studio Hollywood itu telah menghidupkan kembali beberapa sistem jaringan komputernya, dengan fokus pertama pada bagian di perusahaan yang menghasilkan pendapatan, termasuk bagian pemasaran dan distribusi film dan acara televisi.

Dalam memo yang dilihat oleh Reuters, wakil pemimpin studio itu Michael Lynton dan Amy Pascal mengakui bahwa "sejumlah besar data rahasia Sony Pictures Entertainment telah dicuri oleh para penyerang, termasuk informasi kepegawaian dan dokumen bisnis".

Dalam memo itu disampaikan bahwa pihak perusahaan "masih belum yakin mengenai cakupan penuh informasi yang telah dimiliki atau mungkin dilepas ke dunia maya oleh para penyerang".

Oleh karena itu, pihak perusahaan mendorong karyawan untuk memanfaatkan layanan perlindungan identitas yang ditawarkan.

Namun, kekhawatiran pihak Sony Pictures ditekankan pada tingkat keparahan pelanggaran dunia maya itu, yang menurut para ahli merupakan serangan besar pertama di sebuah perusahaan Amerika Serikat.

Serangan maya itu dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak berbahaya berkategori sangat merusak, yang dirancang untuk membuat jaringan komputer tidak dapat beroperasi.

Menurut seorang pejabat keamanan nasional AS, penyelidik pemerintah yang dipimpin oleh FBI sedang mempertimbangkan beberapa tersangka yang terlibat dalam serangan itu, termasuk Korea Utara.

FBI mengatakan bahwa dalam penyelidikan itu pihaknya bekerja sama dengan rekan-rekan di Jepang, negara asal Sony.

Setelah serangan terhadap Sony Pictures, FBI juga memperingatkan kalangan bisnis AS mengenai adanya para peretas yang menggunakan perangkat lunak berbahaya dan menyarankan beberapa cara untuk mempertahankan diri dari serangan maya tersebut.

Peringatan itu menyebutkan bahwa beberapa perangkat lunak yang digunakan oleh peretas telah disusun dalam bahasa Korea, tetapi isi peringatan itu tidak membahas kemungkinan keterkaitan hal itu dengan Korea Utara.

Serangan maya itu muncul pada masa yang sulit bagi Sony, menyusul adanya serangan penolakan-layanan pada Sony PlayStation Network pada Agustus lalu. Sony juga menjadi korban dalam kasus pelanggaran dunia maya terkenal pada 2011, yang mengorbankan data puluhan juta pengguna PlayStation Network.

Sony Pictures Entertainment telah mempekerjakan unit forensik Mandiant milik FireEye Inc untuk membersihkan serangan cyber besar-besaran yang telah merusak jaringan komputer studio itu hampir seminggu lalu.

Situs berita teknologi Re/code melaporkan bahwa Sony sedang menyelidiki untuk mengetahui apakah para peretas yang melakukan aksinya atas nama Korea Utara meluncurkan serangan sebagai balasan atas dukungan Sony Pictures Entertainment dalam pembuatan film "The Interview", yang akan dirilis pada 25 Desember di Amerika Serikat dan Kanada.

"The Interview" adalah sebuah film komedi tentang upaya CIA untuk membunuh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, pemerintah Korea Utara mengecam film tersebut dan menyebutnya sebagai "sponsor terang-terangan terorisme, serta tindakan perang".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com