Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Peretas Temukan Seluruh "Password" Sony

Kompas.com - 05/12/2014, 14:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BuzzFeed
KOMPAS.com - Cerita tentang peretasan terhadap server Sony Pictures terus berlanjut. Kini, kelompok peretas yang menamakan dirinya Guardians of Peace (GOP) itu mempublikasikan daftar ribuan password yang dimiliki oleh Sony.

Tak sulit bagi kelompok peretas tersebut dalam menemukan daftar password di server Sony Pictures, karena Sony sendiri menyimpan dokumen yang seharusnya bersifat pribadi dan rahasia itu di satu folder yang sama. Lebih parah lagi, Sony memberi nama folder tersebut dengan "Password".

Dikutip KompasTekno dari Buzzfeed, Kamis (4/12/2014), daftar password yang dipublikasikan kelompok hacker tersebut antara lain berisi password log-in seluruh karyawan Sony, password web layanan finansial, termasuk di dalamnya adalah password akun-akun Facebook, Twitter, dan YouTube milik studio-studio film besar di Hollywood.

Daftar tersebut dimuat dalam 139 dokumen Word, spreadsheet Excel, file Zip, dan PDF. Kebanyakan dari file-file tersebut juga hanya diberi nama yang sederhana, seperti "password list.xls" atau "Youtube login passwords.xlsx."

Menurut Buzzfeed, kompilasi file-file tersebut kini beredar di jagat maya melalui situs file-sharing. Jika Sony tidak melakukan tindakan pencegahan, peretas-peretas lain yang mendapat informasi rahasia itu bisa saja memanfaatkannya untuk hal yang jahat, seperti penipuan.

Data yang dirilis oleh kelompok peretas GOP tersebut disinyalir baru sebagian saja yang dibocorkan ke publik. Diperkirakan, GOP saat ini memegang data penting Sony Pictures yang jika ditotal besarannya mencapai 100 terabyte.

Kejadian ini tentu saja menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu menyimpan informasi rahasia, seperti daftar login dan password di tempat yang aman, dan dengan nama yang tidak mudah ditebak. Jika perlu, kita bisa menambahkan enkripsi atau password untuk membuka dokumen tersebut.

Serangan terhadap server Sony Pictures itu sebelumnya disebut dilakukan oleh Korea Utara yang menggunakan peretas Tiongkok untuk membobol sistem komputer milik Sony.

Beberapa ahli juga melihat kesamaan pola antara peretasan di Sony Pictures dan serangan cyber yang dilakukan oleh Korea Utara terhadap bank-bank dan jaringan TV di Korea Selatan pada 2013.

Motif serangan disinyalir berkaitan dengan film The Interview yang bakal segera dirilis oleh Sony Pictures. Film komedi besutan Seth Rogen ini mengisahkan tentang usaha badan intelijen AS, CIA, untuk membunuh pemimpin besar Korea Utara, Kim Jong Un.

Namun, pihak Korea Utara baru-baru ini membantah keterlibatan mereka dalam insiden peretasan studio film besar Hollywood itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com