Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steve Wozniak: Garasi Apple Itu Cuma Mitos

Kompas.com - 05/12/2014, 16:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com — Selama ini, banyak referensi yang menyebut bahwa perusahaan komputer Apple dimulai dari sebuah garasi kecil di rumah Steve Jobs di Los Altos, California, AS. Bahkan, film Jobs yang beredar pada 2013 lalu pun menceritakan hal tersebut.

Namun, baru-baru ini, salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, membantah kabar tersebut.

Dalam sebuah wawancara di situs Bloomberg, Kamis (4/12/2014), co-founder Apple tersebut mengatakan, "Garasi itu hanya sebuah mitos, terlalu dilebih-lebihkan," ujar Wozniak seperti dikutip oleh KompasTekno.

Menurut dia, garasi memang menjadi representasi dari Apple. Namun, baik dirinya, Steve Jobs, maupun tim lainnya tidak mendesain komputer dari garasi saat Apple dibentuk.

"Memang kami membawa produk yang telah jadi ke garasi untuk mencobanya apakah itu bekerja dengan baik atau tidak, sebelum mengirimnya ke toko-toko yang membelinya," imbuh Wozniak.

Pria yang akrab disapa Woz ini juga menuturkan bahwa memang mereka meluangkan sebagian waktu di garasi tersebut. Namun, mereka biasanya hanya duduk-duduk dan melakukan hal-hal yang tidak produktif.

Namun, Woz juga mengakui bahwa ide cerita Apple yang berawal dari garasi kecil itu sangat menginspirasi.

"Cerita yang hebat bukan? Begitu Anda sudah sukses, lalu membuat cerita sejarah perusahaan Anda dengan tempat yang magis, kedengarannya memang lebih romantis dibanding cerita aslinya," kata Woz.

Menurut Woz, orang-orang lebih menyukai cerita yang menginspirasi, yang ceritanya layak dijadikan sebagai ide dasar cerita untuk membuat film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com