Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahal, Zuckerberg Kritik Produk Apple

Kompas.com - 09/12/2014, 09:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Mark Zuckerberg saat membuka workshop Internet.org di Jakarta, Senin (13/10/2014).

KOMPAS.com — Meski kaya raya, miliarder muda pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, rupanya menilai harga produk-produk Apple terlalu mahal bagi konsumen. Hal ini disampaikannya lewat kritik dalam sebuah wawancara dengan Time.

"Saya frustrasi karena banyak orang yang beranggapan bahwa model bisnis iklan seolah tidak sesuai dengan kepentingan konsumen," kata Zuckerberg seperti dikutip KompasTekno dari The Huffington Post, Selasa(9/12/2014). Dia mengacu pada model bisnis Facebook yang mengandalkan iklan berdasar data pengguna.  

"Saya pikir itu konsep yang paling konyol. Apakah Anda pikir dengan membayar Apple, maka mereka akan sejalan dengan Anda? Kalau memang begitu, maka Apple akan memasarkan produk dengan harga lebih murah!" seru Zuckerberg kemudian.

Komentar Zuckerberg tersebut terlontar seperti menanggapi pernyataan yang dibuat oleh CEO Apple, Tim Cook, pada September 2014. Ketika itu Apple sedang berada di tengah skandal peretasan iCloud.

Cook berusaha mengembalikan citra Apple dengan mencontohkan perusahaan lain yang memperlakukan pengguna tak ubahnya produk target iklan. Ucapan Cook itu seakan menyindir perusahaan, seperti Facebook atau Google. 

"Saat sebuah layanan online bisa dipakai dengan gratis, Anda bukanlah penggunanya, melainkan produk di sana," tulis Cook, mengacu pada Google dan Facebook. "Kami tak membuat profil berdasar isi e-mail atau kebiasaan browsing Anda untuk kemudian dijual ke pengiklan."

Di sisi lain, Zuckerberg merasa tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Facebook selama ini. "Misi kami adalah menghubungkan setiap orang di seluruh dunia. Anda tak bisa melakukan itu dengan layanan berbayar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com