Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Patch" Baru Windows 7 Malah Bikin Masalah

Kompas.com - 15/12/2014, 12:53 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Menyalakan fitur auto-update di sistem operasi Windows 7? Jika ya, bisa jadi Anda akan mendapatkan sebuah masalah yang cukup gawat, apabila tidak diselesaikan secepatnya.

Masalah seperti apa? Pada tanggal 10 Desember 2014 lalu, Microsoft merilis sebuah file pembaruan (patch) baru dengan nama kode KB3004394. Akan tetapi, bukannya menutup lubang keamanan yang ada, patch tersebut malah menimbulkan masalah baru.

Menurut Microsoft, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Senin (15/12/2014), patch tersebut malah dapat menghalangi sistem operasi untuk meng-install update patch terbaru.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, mengingat patch yang diluncurkan secara rutin oleh Microsoft biasanya ditujukkan untuk menutup lubang keamanan. Tanpa adanya patch tersebut, program jahat bisa bebas masuk ke sistem.

Untungnya, update terbaru ini hanya "menyerang" Windows 7. Sistem operasi Microsoft yang lebih baru, Windows 8, tidak terkena dampak masalah tersebut.

Cara menanggulangi masalah patch ini tidak terlalu sulit. Pengguna bisa mengunduh patch terbaru langsung dari Microsoft. Patch ini bisa didapatkan langsung melalui tautan berikut ini.

Jika sedang dalam keadaan tidak bisa terhubung dengan internet, pengguna bisa menghapus patch bermasalah ini secara manual.

Caranya, masuk saja ke bagian "Control Panel", kemudian pilih "Programs & Features", dan pilih "View Installed Updates". Langkah terakhir, carilah patch KB3004394, klik kanan, dan pilih "Uninstall".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com