Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pencarian Terpopuler Google, Jokowi Teratas

Kompas.com - 16/12/2014, 16:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Google hari ini, Selasa (16/12/2014), resmi meluncurkan daftar pencarian terpopuler di seluruh dunia. Data pencarian dari 72 negara dengan populasi online besar, termasuk Indonesia, dirangkum untuk memperlihatkan topik mana saja yang paling banyak dicari oleh warga internet dunia lewat Google.

Di wilayah Indonesia, nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sebagaimana ia biasa dipanggil, menduduki urutan teratas daftar pencarian terpopuler, disusul oleh pesaingnya pada masa Pemilu Presiden 2014 lalu, Prabowo Subianto, yang muncul di urutan kedua.

"Tahun ini karena ada pemilu maka di top search Google muncul nama Jokowi, berikut dengan hal-hal lain yang berhubungan dengan pilpres," ujar Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra ketika ditemui Kompas Tekno dalam jumpa pers di Jakarta.

Setiap menjelang akhir tahun, Google secara rutin merilis daftar topik yang paling banyak dicari melalui layanannya. Menurut Sandy, tren pencarian di Google berubah-ubah sesuai dengan topik hangat yang mengemuka di masyarakat pada tahun tersebut.

"Tren ke depan akan berbeda lagi karena tidak ada pilpres. Mudah-mudahan juga tidak ada kecelakaan fatal lagi," tambah Sandy, mengacu pada kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 yang juga masuk dalam 10 besar pencarian teratas.

Sepuluh besar topik yang menduduki daftar pencarian teratas secara umum dapat dilihat di bawah.

Selain itu, top charts Google Search pencarian tahun ini turut menampilkan hasil pencarian terpopuler di Indonesia dari 12 kategori berbeda, mulai dari musik, tokoh, lagu, gadget, hingga resep makanan paling banyak dicari. Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Daftar pencarian terpopuler Google di Indonesia 2014:
1. Jokowi
2. Prabowo
3. CPNS 2014
4. Isis
5. Sakitnya Tuh di Sini
6. Nagita Slavina
7. MH 370
8. Pilpres 2014
9. Kabinet Jokowi
10. Ebola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com