Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WD Perkenalkan Harddisk Portabel Nirkabel

Kompas.com - 17/12/2014, 08:49 WIB

Penulis

JAKARTA, KOMPAS - Produsen penyimpanan eksternal, Western Digital (WD), memperkenalkan anggota baru My Passport dengan menambahkan fitur nirkabel di dalamnya.

Hal ini membuka peluang lebih luas lagi untuk menyimpan data tidak hanya oleh komputer dan komputer jinjing, tapi gawai seperti ponsel pintar, sabak elektronik, serta kamera SLR digital.

Produk tersebut diperkenalkan dengan tiga varian berdasarkan kapasitas penyimpanan yakni 500 gigabyte seharga 147 dollar AS, 1 terrabyte seharga 179 dollar AS, dan 2 terrabyte seharga 217 terrabyte.

Berbeda dengan kebanyakan produk yang membutuhkan kabel untuk tersambung dengan perangkat, baik komputer atau komputer jinjing, My Passport Wireless memanfaatkan gelombang WiFi berkecepatan tinggi dengan standar terkini yakni Wireless N.

Selain itu, perangkat itu masih dilengkapi teknologi MIMO atau multiple input multiple output untuk memaksimalkan performa di jaringan nirkabel.

Tidak hanya berkecepatan tinggi, produk ini juga bisa diakses oleh delapan perangkat sekaligus yang sudah tersambung dengan jaringan yang dipancarkan oleh My Passport Wireless.

Dengan demikian, konten yang ada di dalam gawai bisa langsung dihubungkan tanpa harus ditengahi oleh komputer.

Selain itu, perangkat ini memiliki colokan kartu SD yang bisa dipakai untuk menyalin isinya begitu disambungkan. Kita bisa mengatur perintah melalui aplikasi yang bisa diunduh untuk sistem operasi iOS dan Android.

Colokan kartu SD akan sangat membantu bagi mereka yang bekerja dengan banyak file gambar atau video. Dengan demikian, mereka bisa memindahkan isi kartu memori, mengosongkannya, dan segera mengambil gambar lagi. Skenario ini bisa digunakan oleh fotografer yang mengambil banyak gambar melalui SLR digital mereka serta pembuat video dengan kamera GoPro.

Account Manager WD, Tjhin Merry, menuturkan bahwa perangkat ini disiapkan untuk menyasar mereka yang banyak menghabiskan waktu di jalan, penghobi fotografi, pembuat video, dan mereka yang memahami pentingnya untuk memiliki file cadangan untuk menghindari masalah file rusak pada penyimpanan perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com