Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Pemenang Olimpiade Online Nasional 2014

Kompas.com - 17/12/2014, 16:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Olimpiade Online Nasional 2014 sudah tuntas digelar. Olimpiade yang diikuti oleh 1020 sekolah di Indonesia ini melahirkan tiga juara untuk masing-masing kategori; SD, SMP dan SMA.

Berbeda dengan perlombaan yang umumnya diselenggarakan pada satu tempat khusus, olimpiade ini diselenggarakan secara online dari tempat masing-masing peserta.

Dalam acara yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (17/12/2014), itu Direktur Utama Orbit Digital Muhammad Andi Zaky mengatakan, alasan lomba tersebut dilakukan secara online adalah "untuk mendorong pemanfaatan Internet secara positif."

Olimpiade tersebut merupakan buah kerjasama yayasan Orbit Digital dengan situs jejaring sosial GeSchool. Keduanya sama-sama aktif dalam upaya pengembangan pendidikan.

Olimpiade tahun ini merupakan yang kedua kalinya dan diikuti oleh berbagai sekolah dari berbagai wilayah Indonesia, baik swasta maupun negeri.

Olimpiade tahun ini diselenggarakan sejak November 2014 dalam empat tahap: tahap seleksi di tingkat kabupaten, seleksi tingkat propinsi, semifinal, kemudian final.

Materi lomba yang harus diselesaikan para peserta berupa pengetahuan tentang Matematika, IPA dan IPS untuk peserta tingkat SD serta SMP.

Sementara tingkat SMA IPA mengerjakan materi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesai dan Bahasa Inggris, lalu SMA IPS mengerjakan materi Matematika IPS, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pemenang olimpiade tersebut adalah:

Kategori SD
Juara 1 SD Unggulan Al-Ya'lu, Malang
Juara 2 SD Kristen Harapan, Denpasar
Juara 3 SD Al-Azhar 14, Semarang

Kategori SMP
Juara 1 SMPN 3 Denpasar, Denpasar
Juara 2 SMPN 4 Bogor, Bogor
Juara 3 SMPN 1 Praya, Lombok Tengah

Kategori SMA IPA
Juara 1 SMAN 1 Genteng, Banyuwangi
Juara 2 SMAN 2 Balige, Toba Samosir
Juara 3 SMAN 4 Denpasar, Denpasar

Kategori SMA IPS
Juara 1 SMAN 2 Balige, Toba Samosir
Juara 2 SMAN 1 Genteng, Banyuwangi
Juara 3 SMAN 2 Balige, Toba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com