Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Kandidat Kuat Dirut PT Telkom?

Kompas.com - 19/12/2014, 09:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) pada Jumat (19/12/2014) siang ini rencananya akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang salah satu agendanya adalah membahas pergantian pucuk pimpinan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah itu.

Sebagaimana kita ketahui, Direktur Utama PT Telkom sebelumnya, Arif Yahya kini telah menjabat sebagai Menteri Pariwisata di Kabinet Kerja 2014-2019. PT. Telkom pun saat ini dipimpin oleh Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Telkom, yaitu Indra Utoyo.

Dalam perebutan kursi nomor satu di perusahaan telekomunikasi milik pemerintah itu, sumber KompasTekno yang dekat dengan masalah ini, kandidatnya saat ini mengerucut menjadi dua nama. Dua kandidat ini tentunya di di luar Plt Direktur Utama Telkom, Indra Utoyo yang juga digadang sebagai salah satu kandidat.

"(Selain Indra Utoyo), inisialnya AJS dan KS, hingga saat ini belum bisa saya sebutkan, karena ini bisa berubah last minute," demikian ujar sumber tersebut saat dihubungi KompasTekno melalui telepon, Jumat (19/12/2014) pagi.

Perubahan tersebut bisa terjadi karena menurut sumber tersebut saat ini banyak tekanan-tekanan terkait pemilihan Dirut Telkom, salah satunya adalah dari Serikat Karyawan Telkom (Sekar Telkom) yang pada Kamis (18/12/2014) lalu mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk mengajukan syarat Dirut Telkom yang baru.

"Salah satu syarat yang diminta Sekar Telkom adalah pemimpin yang bebas dari korupsi," ujar sumber tersebut.

Berdasar penelusuran KompasTekno, besar kemungkinannya AJS yang dimaksud adalah Alex Janangkih Sinaga yang saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur Telkomsel, anak usaha dari PT. Telkom.

Sementara inisial KS yang dimaksud adalah Kiskenda Suriahardja, yang sebelumnya juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel periode 2005 - 2009.

Siapakah dari tiga nama tersebut yang akan dipilih menjadi Direktur Utama PT. Telkom periode berikutnya? Jawabannya akan terungkap pada Rapat Umum Pemegang Saham yang akan digelar di Jakarta, Jumat siang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com