Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Resmi Luncurkan Layanan 4G LTE

Kompas.com - 19/12/2014, 15:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai janjinya minggu lalu, operator seluler XL Axiata meluncurkan layanan 4G LTE. Peresmian komersialisasi layanan bernama Real Mobil 4G LTE ini dilakukan lewat sebuah acara yang diadakan di mal La Piazza, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

"Untuk launching komersial ini XL Axiata telah banyak melakukan persiapan yang dilakukan, misalnya persiapan teknis, seperti menggelar modernisasi jaringan dan penggelaran kabel fiber," ujar Chief Digital Services XL Dian Siswarini ketika berbicara di panggung acara.

Persiapan lain yang dilakukan XL, menurut Dian, pengurusan perizinan penggunaan frekuensi 900 MHz dan 1.800 MHz untuk uji operasi dan kelayakan operasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang turut hadir dalam acara menyambut baik komersialisasi layanan 4G LTE XL Axiata.

"Pemerintah akan mendorong terus pengembangan 4G LTE dari operator-operator seluler sebagai bagian dari rencana pembangunan pita lebar Indonesia," kata Rudiantara dalam sambutannya.

Pelanggan XL sudah bisa menikmati layanan 4G LTE di tiga kota di pulau Jawa dan Sumatera, yakni Bogor, Medan, dan Yogyakarta.

Belum tersedia untuk pengguna XL di Jakarta. Jaringan 4G XL di ibukota masih dalam tahap uji coba di daerah Kelapa Gading dan beberapa pusat perbelanjaan.

Caranya cukup dengan menggunakan perangkat yang mendukung koneksi data seluler berkecepatan tinggi tersebut dan menukarkan kartu SIM lama dengan kartu uSIM baru yang menyimpan pengaturan konfigurasi jaringan 4G LTE.

Penukaran ini bisa dilakukan di XL Center terdekat. Adapun nomer seluler lama bisa tetap dipertahankan meski kartu SIM diganti.

Sebelumnya, pada akhir Oktober lalu, XL Axiata telah menggelar uji coba 4G LTE di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Mal Kota Casablanca, Mal Centrak Park, dan Mal Senayan City.

Layanan 4G LTE XL Axiata sendiri digelar dengan mengambil pita selebar 5 MHz di spektrum 900 MHz. XL Axiata juga berencana menggelar layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz untuk digunakan secara agregasi dengan frekuensi 900 MHz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com