Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumba dalam Jepretan Mirrorless NX3000

Kompas.com - 20/12/2014, 09:19 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

KOMPAS.com - Pantai bersih, pasir putih dan lembut, warna air biru-kehijauan, sabana hijau meluas, dan sapaan ramah dari orang-orang sederhana di sepanjang perjalanan. Inilah Sumba!

Gaung tentang tempat wisata di gugusan kepulauan Nusa Tenggara Timur ini memang tak sekencang Bali dan Lombok, yang relatif dekat dari tempat ini. Namun, sekali "nyasar" ke Sumba, kata-kata tak bisa mewakilinya.

"Gue sampai browsing di internet untuk cari tahu tempat-tempat yang bagus di Sumba. Ketika melihat referensinya gue jadi gak sabar untuk sampai ke sana," kata Kadek, salah seorang wisatawan yang untuk pertama kalinya mendapat kesempatan mendatangi Sumba, Jumat (12/12/2014).

Saat mata terpesona dan kata-kata susah melukiskannya, potret adalah pilihan yang bisa dipakai untuk mewakili cerita. Namun, tentu jadi kurang seru kalau sudah buru-buru mau memotret, harus bongkar tas dulu, sudah begitu berat pula bawa kameranya.

Kadek yang datang ke Sumba bersama sekelompok kecil pengguna brand Samsung--mereka menyebut diri sebagai happy user--yang tahu benar rasanya harus buru-buru memotret untuk dipajang di media sosial, malah kehilangan momen karena terlalu lama menyiapkan kamera.

Karena itu, ketika Samsung mengajak rombongan ini ke Sumba untuk menjajal kamera NX3000, Kadek dan kawan-kawan girang alang-kepalang. "Kamera ini ringan banget, enggak memakan banyak tempat ketika disimpan di dalam tas pinggang, sudah begitu kualitas warnanya enggak kalah sama kamera DSLR," ujar Kadek.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES
Pengguna kamera mirrorless Samsung NX3000 memotret pemandangan padang sabana di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (13/12/2014).Selama empat hari beberapa pengguna Samsung NX3000 diajak menikmati keindahan di pulau Sumba Nusa Tenggara Timur.
Sekilas NX3000

Samsung membekali kamera mirrorless NX3000 dengan sensor APS-C CMOS beresolusi 20,3 megapixel. Kualitas gambar yang dihasilkannya, setara dengan jepretan kamera DSLR. Lensa bawaannya adalah 16-50 milimeter dengan bukaan F3,5-5,6. Power zoom di kamera ini--optical zoom--sangat mumpuni untuk memotret pemandangan maupun human interest.

Gaya Anggey yang beryoga di pantai Tarimbang dalam cahaya rembang petang, atau lompatan Kadek dan kawan-kawan berlatarkan sabana, terekam sama indahnya di kamera ini. Untuk ber-selfie, kamera ini menyediakan LCD berukuran 3 inci yang bisa diputar (flip). Paling keren, NX3000 bisa memotret dengan "aba-aba" kedipan satu mata dari obyek yang difoto, dengan teknologi yang sengaja ditanamkan Samsung untuk ini.

Foto-foto jepretan Kompas.com selama mengikuti aktivitas para happy user Samsung di Sumba tersebut dapat dilihat di link: http://foto.kompas.com/photo/detail/2014/12/17/66789165316211418749242/menyesap-keindahan-alam-sumba

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES
Pengguna kamera Samsung NX3000 mengabadikan pemandangan padang sabana di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (13/12/2014). Padang sabana merupakan salah satu pemandangan khas di pulau Sumba.
Berbagi foto

Kalau sudah berfoto bersama, selfie, atau mengabadikan eloknya lokasi wisata, akan tak lengkap bila butuh proses rumit untuk membagikannya ke sosial media. Samsung tak melewatkan poin ini untuk NX3000.

Cukup dengan mengunduh dan menginstal Samsung Smarcamera di telepon genggam, foto-foto yang diambil memakai NX3000 sudah siap dibagikan seketika ke media sosial atau e-mail lewat telepon genggam tersebut.  

Kadek, Anggey, dan teman-teman seperjalanannya ke Sumba, menjajal semua yang ditawarkan Samsung ini dengan beragam gaya dan cara. Foto-foto jepretan mereka dapat ditengok di Instagram dengan tagar #NX3000ExploreSumba dan #NX300IniIndonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com