Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADS

Guest Mode, Sembunyikan Aplikasi di Smartphone

Kompas.com - 21/12/2014, 17:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Privasi data pada smartphone merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi penggunanya. Bisa saja data yang berada dalam smartphone merupakan data penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain yang tidak memiliki kepentingan.

Di Oppo R5 ada fitur Guest Mode untuk mengamankan privasi aplikasi dan data apabila smartphone pengguna digunakan oleh orang lain. Fitur ini dapat ditemukan dengan mengunjungi aplikasi Security Center.

Dalam fitur Guest Mode ini pengguna dapat melakukan privasi terhadap nomor kontak, SMS, interaksi panggilan telepon, foto, video, dan aplikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup dengan menekan tombol aktivasi yang berada di menu Guest Mode.

Nantinya pengguna akan diberikan panduan dalam melakukan pengaturan sandi untuk pengguna utama dan pengguna tamu.

Sebaiknya bedakan sandi untuk pengguna utama dan pengguna tamu. Untuk sandi ini, dapat menggunakan sandi dengan pola atau angka.

Setelah menentukan sandi untuk kedua pengguna maka fitur Guest Mode akan aktif secara otomatis.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menentukan nomor kontak, foto, video, dan aplikasi yang ingin tidak terlihat oleh orang lain.

Selanjutnya, kunci smartphone untuk mencoba fitur Guest Mode ini. Ketika membuka kembali smartphone maka otomatis akan dihadapkan pada tampilan sandi agar bisa masuk ke dalam menu dan aplikasi utama smartphone.

Pada saat memasukkan sandi pengguna tamu maka secara otomatis nomor kontak, foto, video, dan aplikasi yang telah diatur dengan fitur Guest Mode ini tidak akan terlihat oleh pengguna lain.

Silakan dicoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com