Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertangkap Google Earth, dari Ganja sampai Prostitusi

Kompas.com - 24/12/2014, 08:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Pencurian sepeda, ladang ganja, pembalakan hutan, hingga prostitusi, siapa menyangka tindak kejahatan seperti itu ternyata juga terekam oleh Google Earth.

Bersamaan dengan tools milik Google lainnya, yaitu Google Maps dan Street View, Google Earth ternyata secara tidak sengaja merekam berbagai aktivitas kejahatan di berbagai negara.

Kini, kompilasi kejahatan yang terekam oleh Google itu dibuat videonya yang diunggah di situs YouTube. Video yang diunggah oleh akun Alltime10s tersebut dipublikasikan pada 11 Desember 2014 lalu.

Dalam video berdurasi kurang lebih 4 menit itu, disuguhkan berbagai foto yang diambil oleh satelit Google atau kamera dalam mobil Google Street View.

Kejahatan-kejahatan, dari yang kecil, seperti pencurian sepeda, hingga kejahatan besar seperti penanaman ladang ganja, pencurian mobil, dan pembalakan hutan liar, semua terekam oleh Google.

Google Earth
Ladang ganja yang tertangkap oleh satelit Google Earth
Seseorang juga berhasil menemukan mobilnya yang dicuri enam bulan sebelumnya melalui Google Earth.

Bahkan, mobil Google Street View secara kebetulan merekam aksi kejar-kejaran polisi Siberia yang mengejar pencuri hingga mereka tertangkap.

Google
Kejahatan yang terekam di Google Earth
Google Earth yang pada mulanya adalah proyek untuk memetakan permukaan Bumi ternyata kini juga berperan dalam mengendus para penjahat.

Untuk melihat 10 kejahatan yang terekam oleh Goole Earth di YouTube, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com