Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ads

Tips Memotret dan Memaksimalkan Kamera Galaxy Note 4

Kompas.com - 26/12/2014, 08:30 WIB
Dino Oktaviano

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini kualitas kamera kerap dijadikan salah satu pertimbangan sebelum memilih dan membeli gadget. Salah satunya Samsung yang baru-baru ini meluncurkan phablet terbarunya, GALAXY Note 4, memberikan pengalaman baru dalam memotret.

Tak sekadar memperbesar resolusi kamera. Beragam fitur canggih tertanam untuk meningkatkan kualitas foto pada tablet ini. Nah, bagaimana memaksimalkan fitur kamera pada Samsung GALAXY Note 4 tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

1. Gunakan Resolusi Tertinggi

Optimalkan kamera yang telah dibekali resolusi 16 megapiksel dan kemampuan rekam hingga UHD (3840x2160) ini. Ini perlu dilakukan, sekali pun saat ini Anda hanya ingin memotret atau merekam video dalam resolusi tidak terlalu besar, misalnya hanya untuk presentasi atau ditampilkan dalam sebuah website.

Mengapa demikian? Sebabnya, bukan tak mungkin suatu saat foto atau video tersebut akan Anda butuhkan dalam resolusi besar. Perkara memperkecil ukuran foto atau video sudah menjadi hal yang mudah dilakukan saat ini, bisa dengan bantuan software seperti Photoshop untuk foto, Final Cut Pro untuk video, atau bahkan dengan aplikasi gratisan yang dapat diunduh dari toko aplikasi online.

2. Kenali Ragam Mode Pemotretan

Tentunya, bagi Anda yang pernah menggunakan ponsel atau phablet Samsung sudah tidak asing dengan ragam mode pemotretan di seri-seri GALAXY terdahulu, seperti Auto Mode, Beauty Face, Dual Camera, dan Panorama.
 
Pada GALAXY Note 4 terdapat beberapa mode pemotretan terbaru, antara lain Rear-Cam Selfie yang memudahkan pengguna saat melakukan foto selfie dengan kamera belakang. Dengan mode ini kamera akan secara otomatis mengambil gambar saat wajah sudah dikenali melalui fitur face-detection atau cukup dengan menempelkan tangan di bagian heart rate sensor di sisi belakang phablet.
 
Ada juga Selective Focus. Mode ini memudahkan kita sebagai pengguna untuk menentukan area di dalam foto yang ingin difokuskan atau dibuat blur secara lebih leluasa.

Selain itu, ada ada Virtual Tour. Mode canggih ini memungkinkan Anda mengambil foto hingga 360 derajat. Bahkan, hasil akhirnya dapat dilihat secara interaktif. Anda cukup menekan tombol play layaknya menonton sebuah video.

3. Aktifkan Mode HDR

Mode HDR atau high dynamic range berfungsi untuk menyeimbangkan highlight dan shadow dalam sebuah foto, terutama pada situasi pencahayaan yang kontras. Anda tak perlu khawatir mengaktifkan mode HDR di pada Samsung GALAXY Note 4. Pasalnya, tidak ada lagi delay atau jeda usai menekan tombol shutter, sebuah hal yang kerap ditemukan di mode HDR pada seri Galaxy terdahulu.

Kualitas HDR di sini juga telah disempurnakan dengan sokongan fitur OIS (optical image stabilization). Ini berfungsi untuk mengurangi risiko foto blur akibat goyangan atau guncangan tangan pada saat memotret atau yang biasa disebut shaking.

4. Jangan Abaikan Dasar Teknis Memotret
 
Di luar semua bantuan fitur canggih yang tertanam pada Samsung GALAXY Note 4 ini, kualitas sebuah foto tidak akan terlepas dari pengetahuan dasar teknis memotret. Beruntungnya, phablet ini juga dibekali sejumlah pengaturan manual, seperti ISO, white balance, metering modes, hingga exposure value, yang semuanya dapat diatur sesuka hati dan sesuai kebutuhan saat memotret.

Jangan lupa, perhatikan juga arah pencahayaan, sudut pengambilan foto (angle), dan memainkan komposisi objek agar foto terlihat lebih menarik.
 
Selamat memotret!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com