Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Blokir Akses Gmail

Kompas.com - 29/12/2014, 17:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

 

KOMPAS.com - Tiongkok lagi-lagi dikabarkan memblokir akses terhadap layanan yang berasal dari luar negeri. Kali ini akses yang diblokir adalah Gmail, layanan surat elektronik milik Google.

Google Transparency Reports menunjukkan bahwa trafik pengunjung Gmail dari Negeri Tirai Bambu itu hampir mencapai nol. Transparency Reports adalah fitur yang disediakan Google untuk menunjukkan informasi real-time mengenai produk atau layanannya.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (29/12/2014), sebuah perusahaan analisis internet Dyn Research memastikan Tiongkok melakukan pemblokiran pada tingkat IP (Internet Protocol).

“Tiongkok punya sejumlah cara untuk memblokir konten. Salah satu cara paling kasarnya adalah dengan memblokir alamat IP. Ketika hal ini dilakukan, maka semua konten yang ada di dalam IP tersebut akan terblokir,” terang Earl Zmijewski, Vice President of Data Analytics di Dyn.

Menurut Zmijewski, sebagian besar akses Gmail dari Tiongkok dilakukan melalui alamat IP Hong Kong. Ada enam alamat IP yang berasal dari sana, namun semua itu sudah diblokir.

Pemblokiran seperti ini bukan perkara baru. Negeri Tirai Bambu ini telah dikenal sebagai Great Firewall of China karena sulit ditembus oleh penyedia layanan internet besar seperti Facebook maupun Google.

Pada Juni awal 2014 ini, menjelang hari peringatan pembantaian Tiananmen Square, semua layanan Google juga sempat diblokir total. Pemblokiran serupa pun pernah terjadi pada 2009 dan 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com