Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monitor HP Terbaru Pakai Resolusi 5K

Kompas.com - 06/01/2015, 12:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com –
Produsen hardware Hewlett Packard (HP) meluncurkan perangkat monitor yang dilengkapi layar dengan resolusi sangat tinggi, 5K.

Ketajaman gambar 5K tersebut berarti monitor ini memiliki resolusi 5.120 x 2.880 piksel, lebih tinggi dari standar 4K yang telah banyak beredar.

Resolusi 5K ini berarti bisa menampilkan gambar dengan kualitas tujuh kali lipat lebih tajam ketimbang Full-High Definition (HD).

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (5/1/2015), monitor yang disebut HP Z27q itu dibekali panel IPS berukuran 27 inci dengan aspect ratio 16:9.

HPZ27q memamerkan monitor ini dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas, AS. Monitor jenis ini merupakan produk 5K pertama bagi HP. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu membanderolnya dengan harga lebih murah ketimbang monitor sejenis.

Rencananya perilisan akan dilakukan pada Maret 2015 mendatang. HP membanderolnya dengan harga 1.300 dollar AS atau sekitar Rp 16,4 juta.

Resolusi 5K ini pertama kali diterapkan Apple pada Mac besutannya, iMac with Retina Display. Bedanya, iMac with Retina Display merupakan komputer all-in-one lengkap dengan CPU rakitan Apple. Sedangkan, HP menerapkannya pada monitor tunggal yang dapat digunakan dengan komputer desktop apapun.

Selain HP, Dell juga telah lebih dulu meluncurkan monitor 5K. Monitor besutan Dell ini juga berukuran 27 inci. Namun harga banderolnya jauh lebih mahal ketimbang HPZ27q. Dell membanderol monitor 5K buatannya dengan harga 2.500 dollar AS atau sekitar 31,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com