Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis SSD Eksternal Seukuran Kartu Nama

Kompas.com - 07/01/2015, 14:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Produsen elektronik Korea, Samsung memperkenalkan perangkat penyimpanan solid state drive (SSD) eksternal di ajang Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, AS, pada Senin (5/1/2014).

SSD eksternal yang diberi nama Portable SSD T1 tersebut memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1 Terabyte. Dengan ukuran yang mini, dimensinya hanya sebesar rata-rata ukuran kartu nama, yaitu 5 x 7 cm dengan bobot sekitar 25 gram.

Namun, walau berukuran kecil, SSD eksternal tersebut selain berkapasitas besar di kelasnya juga bisa mentransfer data dalam kecepatan tinggi.

Samsung mengklaim pengguna bisa mentransfer bermacam file dari bermacam perangkat ke Portable SSD T1 atau sebaliknya, dengan kecepatan tiga kali dari rata-rata kecepatan drive eksternal saat ini.

Kecepatan rata-ratanya diklaim Samsung mencapai 450 megabyte per detik. Antarmuka USB 3.0 yang digunakan juga disebut bebas dari bottleneck dengan dukungan kecepatan antarmuka 5 GB per detik.

Selain itu, Samsung juga menambahkan fitur keamanan dalam SSD eksternalnya tersebut, seperti perlindungan dengan password, software keamanan, serta dukungan enkripsi data AES 256-bit.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (5/1/2014), SSD eksternal tersebut rencananya akan mulai dikapalkan Samsung pada 20 Januari mendatang.

Belum pasti apakah Indonesia juga menjadi salah satu negara yang disasar Samsung dengan SSD eksternal ini.

Selain kapasitas 1 TB yang dijual dengan harga 599 dollar AS (Rp 7,6 juta), terdapat juga kapasitas 250 GB dan 500 GB yang masing-masing dijual dengan harga 179 dollar AS (Rp 2,3 juta) dan 299 dollar AS (Rp 3,8 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com