Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamerkan "Drone" Anti-Nabrak

Kompas.com - 08/01/2015, 11:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
CEO Intel Brian Krzanich (paling kiri) mendemonstrasikan drone Real Sense 3D dalam ajang CES 2015

KOMPAS.com - Mengendalikan drone bukanlah hal yang mudah. Salah-salah wahana terbang itu bisa menabrak sesuatu dan rusak, belum lagi menimbulkan cedera kalau yang ditabrak kebetulan adalah seorang manusia.

Bagaimana kalau drone bisa dibuat "pintar", mampu menghindari obyek-obyek di sekitarnya dan melakukan navigasi secara mandiri? Itulah yang dipamerkan oleh Intel dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS, minggu ini.

Di panggung, Intel menerbangkan beberapa drone dengan teknologi Real Sense 3D yang mampu memetakan keadaan di sekitar.

"Aneka drone ini bisa menghindari rintangan. Pada kenyataannya, dunia di sekeliling memang penuh berisi rintangan-rintangan," ujar CEO Intel Brian Krzanich ketika berbicara di panggung, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Verge, Kamis (8/1/2015).

Untuk membuktikan ucapannya, Krzanich "menyuruh" salah satu drone untuk melewati sebuah jalur yang dipasangi aneka halangan. Drone yang bersangkutan pun terlihat terbang dengan cerdas, meliuk, dan berbelok untuk melewati rintangan di sekelilingnya.

Di ujung jalur terdapat sebuah pintu tertutup yang tak bisa dilewati. Drone sempat berpikir beberapa saat sebelum mengenali bahwa obyek tersebut adalah sebuah "pintu", lantas menunggu agar pintu dibukakan oleh si empunya drone.


Begitu pintu dibuka, drone pun melenggang masuk, disambut riuh tepuk tangan para hadirin acara keynote Intel. Demonstrasi ini bisa dilihat dalam video lansiran The Verge di bawah, mulai menit ke 5.30.

Tentu, teknologi Real Sense 3D juga memungkinkan drone untuk menghindari tabrakan dengan manusia, yang ditunjukkan oleh Krzanich dengan bermain "ping-pong drone".

Selain itu, teknologi "wearable drone" Nixie yang menjadi pemenang kontes Intel Make It Wearable tahun lalu juga tak ketinggalan naik panggung. Drone mungil yang bisa dikenakan di pergelangan layaknya jam tangan ini bisa diterbangkan ke udara untuk mengambil selfie.

CNBC
Drone mungil Nixie yang bisa dipasang di pergelangan tangan dan terbang untuk mengambil selfie dari udara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com