Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Foto 1,5 Gigapiksel yang Tampilkan 100 Juta Bintang

Kompas.com - 08/01/2015, 21:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
Potongan galaksi Andromeda dalam foto 1,5 gigapixel lansiran NASA

KOMPAS.com — Seperti apa rupa 100 juta bintang di angkasa? Pemandangan itu terangkum dalam sebuah foto raksasa dari galaksi Andromeda yang dirilis oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa AS (NASA).

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Kamis (8/1/2015), foto yang menampilkan potongan bagian galaksi spiral Andromeda selebar 40.000 tahun cahaya tersebut ditangkap memakai teleskop Hubble. Resolusi totalnya mencapai 1,5 gigapiksel (1.500 megapiksel).

Saking besarnya, dibutuhkan 600 televisi HD untuk menampilkan keseluruhan foto dalam resolusi asli. Akan tetapi, ada juga cara lain untuk melihat pemandangan itu, yakni dengan mengunjungi wigdget foto interaktif di tautan ini.

NASA
Detil foto galaksi Andromeda dari NASA. Tiap titik terang, besar maupun kecl, merupakan sebuah bintang

Pengguna YouTube bernama daveachuk mengambil rangkaian foto dari NASA dan membuat video flythrough berdurasi tiga menit yang bisa dilihat di bawah.

Setiap titik terang dalam foto, besar ataupun kecil, adalah sebuah bintang. Tiap-tiap bintang memiliki setidaknya satu planet. Banyak planet yang juga memiliki satelit berupa bulan.

Diperkirakan, sebanyak 1 triliun bintang menghuni Andromeda, dua kali lebih banyak dibandingkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com