Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO BlackBerry Berandai-andai soal Foto Jennifer Lawrence

Kompas.com - 09/01/2015, 16:54 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Bobolnya akun iCloud yang menyebabkan tersebarnya foto-foto telanjang beberapa artis pada tahun lalu ternyata tidak luput dari pengamatan CEO BlackBerry John Chen.

Dalam sebuah wawancara pada minggu ini, Chen banyak berkomentar perihal diretasnya layanan penyimpanan data online milik Apple tersebut.

Menurut Chen, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Jumat (9/1/2015), kejadian yang menimpa banyak artis Hollywood, termasuk bintang utama film The Hunger Games, Jennifer Lawrence, dipastikan tidak akan terjadi jika korban menggunakan perangkat BlackBerry.

"Pertanyaannya, jika mereka (korban peretasan salah satunya Jennifer Lawrence) menggunakan BlackBerry, apakah mungkin layanan milik kami akan teretas?" tanya Chen.

"Saya rasa semuanya mungkin, tetapi jawabannya adalah tidak," ungkap Chen. Saat mengucapkan kalimat tersebut, mimik muka Chen penuh dengan rasa percaya diri.

Chen sendiri tidak mau menjelaskan secara teknis mengapa ia begitu percaya diri bahwa sistem milik BlackBerry tidak akan bisa diretas. Menurut dia, sistem enkripsi dan cara BlackBerry menjalankan jaringan privat merupakan salah satu kunci amannya jaringan milik perusahaan asal Kanada itu.

"Ya, semuanya itu tidak mungkin (diretas)," ulang Chen.

Dalam kesempatan yang sama, Chen menunjukkan salah satu bukti bahwa perangkat milik BlackBerry aman. Menurut klaimnya, perangkat itu banyak digunakan oleh pemimpin dunia, salah satunya oleh Presiden AS Barrack Obama.

"Mereka memilih BlackBerry bukan karena akan terlihat keren, melainkan karena BlackBerry itu ponsel yang aman," kata Chen dengan bangga.

Tahun lalu, sejumlah akun iCloud milik puluhan artis Hollywood berhasil dibobol oleh peretas. Kasus ini sempat bikin heboh karena data yang bocor dan disebarkan merupakan foto koleksi yang sangat pribadi dan bukan untuk konsumsi publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com