Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Cowok Doyan "Selfie" Punya Sisi Gelap

Kompas.com - 12/01/2015, 19:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selfie telah menjadi tren hidup sehari-hari. Pada tahun 2013, kata "selfie" dinobatkan sebagai kata terpopuler dan tercantum dalam kamus Oxford.

Namun, siapa sangka aktivitas memotret diri sendiri ini dapat merefleksikan sisi gelap seseorang?

Hasil penelitian dari Universitas Ohio yang dilaporkan Phonearena dan dikutip KompasTekno, Senin (12/1/2015) menyatakan, laki-laki yang sering mempublikasikan foto selfie di akun media sosialnya diklasifikasikan sebagai narsis dan berkemungkinan psikopat.

Sebanyak 800 laki-laki "doyan selfie" dengan rentang usia 18 hingga 40 tahun dijadikan objek dalam penelitian ini dan secara terkonfirmasi masuk dalam kategori anti sosial.

Selain itu, cowok yang gemar selfie dan mengedit fotonya sebelum diunggah juga dikategorikan sebagai self-objectification, yaitu kecenderungan menilai diri hanya dari penampilannya.

Perilaku self-objectification ini cenderung membuat seseorang susah makan dan depresi. Data menunjukkan tingginya tingkat self-objectification berbanding lurus dengan keseringan mempublikasikan foto selfie.

Namun, penelitian ini belum berakhir pada kesimpulan mutlak. Kita belum dapat menggeneralisasikan dan memastikan bahwa semua pria yang gemar selfie adalah psikopat walaupun data menunjukkan kecenderungan yang besar untuk perilaku anti sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com