Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Toko Aplikasi Android Kalahkan Apple

Kompas.com - 15/01/2015, 12:41 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Untuk kali pertama, toko aplikasi Google Play Store berhasil mengalahkan Apple App Store dalam hal jumlah dan pertumbuhan aplikasi yang tersedia. Capaian ini diraih toko aplikasi Android pada 2014, seperti ditertuang dalam laporan yang dirilis Appfigures.

Laporan tersebut menyebutkan, Play Store kini memiliki 1,43 juta aplikasi Android berbanding 1,21 juta yang terdapat di Apple App Store.

Tahun lalu, Play Store mencatat pertumbuhan jumlah aplikasi lebih dari 200 persen. Sedangkan, App Store juga mencatat pertumbuhan yang tinggi namun masih di bawah Play Store, hampir 160 persen.

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Kamis (15/1/2014), tak hanya soal aplikasi baru, Play Store juga unggul dalam hal pertumbuhan komunitas pengembang aplikasinya (developer).

Untuk soal ini, Google Play Store sudah mengalahkan Apple selama tiga tahun berturut-turut.

Saat ini, aplikasi-aplikasi Android di Play Store tercatat dikembangkan oleh lebih dari 388.000 developer dari seluruh dunia.

Keunggulan baik dalam hal jumlah aplikasi dan pengembangnya sudah seharusnya dipegang oleh Google. Alasannya, Google tidak menerapkan peraturan yang terlalu ketat kepada developer dalam memasukkan aplikasi ke Play Store. Berbeda dengan Apple yang terkenal sangat  ketat dalam menyaring aplikasi yang akan masuk ke App Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com