Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Advan Barca, Kolaborasi Advan dan Barcelona FC

Kompas.com - 17/01/2015, 09:06 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Advan Barca adalah produk yang lahir dari kerja sama produsen ponsel dalam negeri, Advan, dengan klub sepakbola Barcelona dengan spesifikasi yang bisa bersaing dengan ponsel premium lainnya di pasaran.

Dua varian dari seri tersebut yakni ponsel 5 inci dan perangkat tablet berlayar 7 inci memiliki prosesor delapan inti (octa-core) dengan sistem operasi Android versi Kitkat dan dijual dengan harga Rp 2 juta.

Advan seri ini memiliki badan metalik meski tidak terlalu licin sewaktu digenggam, layar dengan resolusi 1280x720 piksel berteknologi in plane switching juga membuat pengguna bisa memandang isi layar dari berbagai sudut.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
Tablet Android Advan Barca 7 inci.
Prosesor buatan Mediatek memungkinkan fitur HotKnot atau transfer file berkecepatan tinggi antarponsel yang memiliki fitur yang sama, caranya dengan mempertemukan layar dua perangkat dan dalam waktu singkat file pun berpindah.

Sama-sama memiliki RAM sebesar 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB, Advan Barca 5 inci memiliki prosesor berkecepatan 1,4 GHz dan baterai berkapasitas 2.300 mAh sementara Advan Barca 7 inci memiliki prosesor berkecepatan 1,7 Ghz dan baterai 3.000 mAh.

Perbedaan yang tipis juga terlihat pada bagian kamera, Advan Barca 7 inci memiliki lensa setajam 8 megapiksel di belakang dan 5 megapiksel di depan sementara Advan Barca 5 inci sama-sama memiliki 8 megapiksel di bagian depan maupun belakang.

Kamera di Advan Barca 5 inci adalah penggunaan sensor milik Sony IMX 219 yang memiliki fitur video berkecepatan tinggi sehingga gambar bisa bergerak pelan, serta mengambil gambar dengan jangkauan dinamis tinggi (HDR).

Kompas berkesempatan untuk mencoba Advan Barca 7 inci beberapa jam sewaktu Advan menggelar jumpa pers di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Untuk perangkat seharga Rp 2 juta, Advan Barca tidak mengecewakan dari segi spesifikasi karena layarnya cukup responsif dan kencang dalam menjalankan berbagai aplikasi. Saat mengambil gambar lewat aplikasi kamera pun bisa dilakukan dengan kencang meski gambar di dalam ruangan masih terlihat seperti berpasir.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
Tablet Android Advan Barca 7 inci.
Sewaktu dijajal dengan aplikasi pembanding AnTuTu Benchmark, Advan Barca 7 inci merampungkan tes dengan hasil 32.703 dengan posisi di atas ponsel seperti Redmi Note, HTC One, atau Asus Zenfone 5 tapi di bawah LG G3 atau Google Nexus 5.

El Classico

Tidak hanya membawa nama saja, dua seri perangkat elektronik ini memiliki ciri khas klub sepakbola yang dipunggawai oleh Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez yakni logo tim yang tercetak di bagian punggung. Begitu pula konten yang ada di dalamnya seperti informasi
jadwal pertandingan maupun hasilnya yang ditampilkan secara otomatis di bilah pencarian Google.

"Kami juga menggelar undian berupa tiket menonton pertandingan El Classico di Spanyol pada bulan Maret mendatang," ujar Andy Gusena, Brand Strategy Marketing Advan di Jakarta, Senin (12/1).

Di situs pemesanan tiket, selembar tiket bisa dijual dengan harga 339 euro atau setara Rp 5 juta belum termasuk akomodasi di sana. El Classico adalah pertandingan yang dinanti kedua belah tim dengan penggemar yang berjumlah signifikan. Tahun 2014 saja laga ini disaksikan melalui siaran langsung oleh 400 juta pasang mata secara global.

Advan juga menggandeng IndoBarca, komunitas pendukung Barcelona FC di Indonesia dalam bentuk bantuan berupa keperluan sepak bola atau terkait. Mereka juga menggelar lomba mengulas perangkat ini dengan peserta dari kalangan mahasiswa, tiga besar dari kontes ini berasal dari Jakarta, Depok, dan Semarang dan nantinya akan diundang dalam acara pada pertengahan Januari mendatang.

Pada penandatanganan nota kerja sama dengan Barcelona FC pada bulan Agustus 2014 lalu, Advan bakal menjadi sponsor daerah selama dua tahun. Andy mengungkapkan bahwa penggemar Barca di Indonesia saja mencapai 20 juta jiwa dan merupakan segmen yang menggiurkan untuk dibidik oleh produk mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com