Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi: Mi4 Tidak Dijual di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2015, 10:54 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Fans Xiaomi di Indonesia yang menantikan smartphone flagship Mi4 nampaknya harus gigit jari. Pasalnya, smartphone 4G besutan Xiaomi itu tidak akan dijual di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Vice President Global Xiaomi, Hugo Barra kepada KompasTekno setelah acara peluncuran Remdi Note di Beijing, Kamis (5/1/2015).

"Kami (Xiaomi ) tidak akan membawa Mi4 ke pasar Singapura, Malaysia, dan Indonesia," ujar Hugo. Alih-alih, Xiaomi akan langsung membawa Mi5 nanti setelah diluncurkan langsung ke Indonesia.

Alasan Xiaomi tidak akan memasarkan Mi4 ke Indonesia menurut Hugo adalah soal kompatibilitas hardware.

"Alasannya adalah hardware yang digunakan dalam Mi4 sendiri, Mi4 didesain khusus untuk pasar di Tiongkok, dan teknisi kami kesulitan untuk melakukan re-desain hardware jika harus menjualnya di luar Tiongkok," demikian terang Hugo.

Ditambahkan Hugo, tidak mungkin bagi Xiaomi untuk mendukung semua jaringan LTE di semua negara karena tidak ada ruang lagi untuk menambah (chip) antena.

Sebelumnya, menurut Hugo, Xiaomi juga telah mempertimbangkan untuk merilis Mi4 versi 3G-only untuk pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura, namun akhirnya mereka membatalkan ide tersebut.

Mi4 sendiri saat ini mendukung jaringan LTE 2100 MHz dan 1800 MHz. Sementara jaringan 4G di Indonesia yang telah dikomersilkan oleh tiga operator seluler adalah jaringan 900 MHz, frekuensi 1800 MHz baru menyusul pada pertengahan 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com