Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2015, 19:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Hugo Barra, orang nomor satu yang bertanggung jawab atas ekspansi Xiaomi ke luar Tiongkok tak pernah menduga bila penyebaran Xiaomi di Indonesia akan diadopsi dengan begitu cepat.

Ia pun mengakui, kepopuleran produk smartphone Xiaomi di Indonesia tak lepas dari dukungan fans mereka di Tanah Air. Kepada KompasTekno, Hugo bercerita tentang pentingnya dukungan Mi Fans di Indonesia bagi Xiaomi.

"Hal-hal berkembang pesat, fans (di Indonesia) sangat antusias, stok juga habis lebih cepat," demikian ujar Hugo saat dijumpai KompasTekno seusai acara peluncuran Mi Note di Beijing, Kamis (15/1/2015).

Diakui oleh Hugo, jumlah produk yang biasanya habis dalam enam bulan di negara lain, ternyata lebih cepat habis di Indonesia. Ke depannya, Xiaomi akan menambah jumlah unit smartphone yang dikirim ke Indonesia untuk memenuhi permintaan.

"Karena itu kami akan membawa volume produk yang lebih banyak lagi, terutama untuk dua produk baru (Redmi 2 dan Mi Note) yang akan menarik fans," imbuhnya.

Xiaomi sendiri baru hadir secara resmi di Indonesia pada bulan September tahun lalu. Namun, menurut pengakuan Hugo, penjualan di Indonesia ternyata cukup tinggi, walau ia tak mau menyebut berapa angka penjualan pastinya.

Dengan laju pertumbuhan seperti saat ini, Hugo meramalkan bahwa Indonesia akan menjadi pasar terbesar ketiga bagi Xiaomi, setelah Tiongkok dan India.

Dukungan Mi Fans

Hugo tak menyangkal jika kepopuleran Xiaomi adalah berkat dukungan dari fans Xiaomi (disebut Mi Fans) di Indonesia. Ia bahkan mengakui pentingnya penggemar di Indonesia karena jumlahnya sangat banyak.

"Mi Fans di Indonesia saat ini jumlahnya sangat banyak, bahkan menjadi yang terbanyak di luar Tiongkok, mereka menjadi brand ambassador dalam mengenalkan produk-produk Xiaomi," terangnya.

"Saya tidak tahu persis jumlahnya, namun dalam satu event ada sekitar ratusan orang yang hadir, kegiatan itu dibuat oleh fans sendiri," imbuh Hugo.

Menurut pengamatan KompasTekno, jumlah fans Facebook Xiaomi Indonesia sekitar 55.000 orang. Sementara, akun Twitter Mi Indonesia sudah memiliki follower sekitar 7.800 orang.

Hal tersebut terlihat kontras jika dibandingkan dengan jumlah follower jejaring sosial Twitter Xiaomi Singapura dan Malaysia yang jumlahnya hanya ratusan.

Ungkapan apresiasi pun diutarakan oleh Hugo kepada para penggemar Xiaomi di Indonesia.

"Mereka adalah pondasi bisnis dari produk kami, mereka membantu mencoba dan menguji produk Xiaomi dan sekaligus membantu promosinya juga," kata Hugo.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com