Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Paten Apple yang Mengubah Dunia

Kompas.com - 19/01/2015, 20:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Apple seringkali membuat perusahaan teknologi lain harap-harap cemas. Pasalnya, perusahaan asal Amerika ini selalu muncul dengan inovasi-inovasi mutakhir yang mencetus tren di dunia teknologi.

Untuk itu, ketika Apple mematenkan ide produknya, perusahaan lain seringkali resah jika raksasa teknologi tersebut bertujuan mengontrol dan memonopoli industri teknologi.

Berikut beberapa paten Apple yang membawa industri teknologi ke level yang lebih tinggi

Bloomberg
Paten Apple untuk layar sentuh
Pertama, perangkat elektronik dengan basis layar sentuh. Pada tahun 2005, Apple mematenkan ide ini. Dua tahun kemudian perusahaan ini mengeluarkan iPhone pertama. Sejak saat itu, industri teknologi berbondong-bondong menciptakan perangkat elektronik dengan layar sentuh.

bloomberg
Paten Apple untuk Tablet Komputer
Kedua, perangkat tablet komputer. Pada Mei 2005, agen federal untuk hak paten di Amerika Serikat, kantor pendaftaran merek dan paten AS memberi hak paten bagi desain Apple yang saat itu belum dikemukakan pada publik.

Lima tahun kemudian, desain yang telah dipatenkan tersebut memunculkan dirinya melalui perangkat yang dinamai iPad. Kini, produk tablet banyak diproduksi perusahaan-perusahaan teknologi.

Bloomberg
Paten Apple untuk sistem navigasi dengan tampilan destination-biased
Ketiga, paten Apple atas sistem dan metode navigasi dengan tampilan rute yang disebut destination-biased pada aplikasi Apple Maps. Ide ini memungkinkan pengguna secara lebih detil dalam menentukan langkah saat menyalakan navigasinya.

Namun, inovasi peta besutan Apple konon tak bisa menyaingi kompetitornya, Google Maps. Kabarnya, aplikasi Apple Maps sering menerima keluhan dari pelanggan.

bloomberg
Paten Apple untuk mobile-payment
Keempat, paten untuk metode pembayaran melalui perangkat mobile. Sebelum Apple meluncurkan aplikasi pembayaran mobile, Apple Pay, ide tersebut telah dipatenkan pada Maret 2011. Setelah diluncurkan, aplikasi tersebut diterima dengan baik oleh pasar.

bloomberg
Paten Apple untuk sistem keamanan otentikasi tertanam berupa sensor sidik jari
Kelima, paten untuk sistem keamanan biometrik Apple dengan sistem otentikasi tertanam pada tahun 2008. Barangkali, paten ini adalah satu-satunya yang tak mengundang cemas perusahaan teknologi lain.

Pasalnya, sebelum Apple mematenkan ide ini, sudah banyak perusahaan teknologi lain yang menggunakan sistem keamanan berbasis sensor sidik jari. Apple sendiri baru mengimplementasikan sistem sensor sidik jarinya pada iPhone 5S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com