Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Parodi Kim Jong Un Sudah Diunduh 5,8 Juta Kali

Kompas.com - 21/01/2015, 16:01 WIB
KOMPAS.com — Film komedi produksi Sony Pictures The Interview, yang diyakini telah memicu serangan maya pada studio itu, telah meraih pendapatan lebih dari 40 juta dollar AS dalam penjualan 5,8 juta unduhan film digital, kata pihak Sony, Rabu (21/1/2015).

CEO divisi hiburan Sony Corp, Michael Lynton, menyebut pendapatan 40 juta dollar AS itu menjadi "sebuah tonggak penting" bagi penjualan Sony secara online dan rilis televisi berbayar yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni pada platform seperti Google Play Store, iTunes dari Apple Inc, dan Time Warner Cable.

Film digital The Interview, yang dirilis pada 24 Desember, seminggu setelah sejumlah bioskop besar menolak untuk menayangkan film itu setelah ada ancaman kekerasan dari para peretas.

Presiden Barack Obama menyebut keputusan Sony untuk membatalkan penayangan film itu di bioskop-bioskop sebagai suatu "kesalahan" yang mirip dengan sensor diri.

Film yang dibintangi Seth Rogen dan James Franco, yang menggambarkan kisah fiksi pembunuhan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, juga telah meraih pendapatan sebesar enam juta dollar AS di box office setelah bioskop-bioskop independen melakukan pemutaran film terbatas pada Hari Natal.

Namun, masih belum jelas apakah Sony Pictures akan dapat mengembalikan modal yang diinvestasikan untuk film komedi itu, yang telah menghabiskan 44 juta dollar AS untuk biaya produksi dan puluhan juta dollar untuk biaya pemasaran.

Pemerintah Amerika Serikat menuduh Korea Utara untuk serangan dunia maya terburuk pada Sony Pictures, sebuah perusahaan swasta di AS.

Pemerintah Korea Utara menyebut film The Interview sebagai sebuah "tindakan perang", tetapi Pemerintah Korut membantah tuduhan bahwa pihaknya berada di balik kasus peretasan terhadap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com