Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bersiap Jadi Operator Seluler?

Kompas.com - 22/01/2015, 11:54 WIB
KOMPAS.com - Google ditengarai bersiap menjadi operator seluler alias menjual layanan telekomunikasi seluler secara langsung kepada konsumen di Amerika Serikat setelah mencapai kesepakatan dengan T-Mobile dan Sprint, sebut media AS.

Sebagaimana dilaporkan harian Wall Street Journal dan laman teknologi The Information yang mengutip sejumlah sumber, Google akan memakai jaringan perusahaan telekomunikasi T-Mobile dan Sprint untuk mewujudkan layanan tersebut.

Kesepakatan antara Google dan kedua perusahaan itu akan dijalin secara terpisah.

Meski demikian, para petinggi Google, Sprint, dan T-Mobile menolak berkomentar mengenai laporan ini.

Belum jelas kapan dan seberapa luas jangkauan layanan ponsel Google. Namun, hingga kini, perusahaan yang berbasis di Negara Bagian California itu telah menjual produk layanan televisi kabel dan internet berkecepatan tinggi bernama Google Fiber di sebagian wilayah Kansas, Missouri, Utah, dan Texas.

Layanan ponsel di AS didominasi oleh Verizon, AT&T, Sprint dan T-Mobile. Akan tetapi, pada kuartal kedua tahun lalu, keuntungan Sprint merosot 765 juta dollar AS yang mengakibatkan sebanyak 2.000 pekerjaan dihilangkan.

Setelah laporan mengenai kesepakatan dengan Google mengemuka, harga saham Sprint melonjak 5,53 persen. Adapun harga saham T-Mobile naik 1,83 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com