Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Belum Mau Naikkan Tarif Data

Kompas.com - 23/01/2015, 08:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Persaingan tarif layanan data internet antar operator bisa dikatakan cukup sengit. Pasalnya, para operator berlomba-lomba menawarkan tarif paling murah untuk menggaet hati pelanggan.

Namun, langkah tersebut menjadi tak sehat ketika operator harus merugi karena mematok harga yang tak rasional.

Desember lalu,  Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, telah memberi restu bagi para operator untuk menaikkan tarif layanan data internet. Yang penting, kata Rudiantara, iklim kompetisi harus sehat.

Pihak Indosat pun mengakui bahwa layanan data merupakan layanan nilai tambah yang membutuhkan biaya lebih besar dibanding layanan tradisional seperti voice dan SMS. Namun operator ini belum berani menaikkan tarif secara signifikan.

"Saat ini permintaan pelanggan untuk layanan data internet masih tinggi. Kita juga sudah memperluas cakupan jaringan, tapi saat ini kami belum melihat opsi untuk menaikkan tarif lagi," kata Division Head Data Service-Product Marketing Indosat, Fidesia Noor, saat ditemui di acara uji coba jaringan 42 Mbps Indosat di Makassar, Kamis (22/1/2015).

Menurut Fidesia, kenaikan tarif layanan data idealnya mencapai 2,5 persen. Namun untuk sementara, operator yang memiliki pelanggan terbanyak di Jawa dan Sumatra ini masih ingin berfokus untuk meningkatkan kualitas internetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com