Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tumbang karena Serbuan "Kadal"?

Kompas.com - 27/01/2015, 15:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mirror
Ilustrasi

KOMPAS.com — Facebook, Instagram, dan tiga layanan internet lain sempat tumbang dan tidak dapat diakses layanannya pada Selasa (27/1/2015) siang.

Penyebab pasti tumbangnya layanan-layanan tersebut masih belum diketahui pasti, tetapi kelompok peretas Lizard Squad mengklaim bertanggung jawab.

"Facebook, Instagram, Tinder AIM, Hipchat #offline #LizardSquad," tulis akun @LizardMafia milik Lizard Squad di Twitter, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Mirror.

Serangan terhadap Facebook dan Instagram yang diduga didalangi peretas "kadal" ini kemungkinan menggunakan metode DDoS (distributed denial of service).

Selain kelima layanan di atas, Lizard Squad juga mengaku telah menumbangkan MySpace.

Gizmodo Pesan Lizard Squad di Twitter yang mengklaim bertanggung jawab atas tumbangnya Facebook, Instagram, dan sejumlah layanan online lainnya pada Selasa (27/1/2015)

Nama Lizard Squad sebelumnya mencuat ke permukaan setelah kelompok hacker anonim itu menumbangkan situs milik Sony dan Microsoft saat liburan Natal tahun 2014 lalu.

Setelahnya, beberapa hari lalu, Lizard Squad mengaku telah mengganti laman depan situs maskapai MalaysiaAirlines.com.

Apabila klaim kali ini benar adanya, maka Facebook bersama Instagram, AIM (America Online Instant Messenger), Tinder, Hipchat, dan MySpace merupakan korban terbaru grup peretas berlambang kadal tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com