Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bikin Android Tampil Mirip iOS

Kompas.com - 27/01/2015, 20:56 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jatuh cinta pada tampilan antarmuka iOS, tak selalu berarti harus langsung ganti menggunakan smartphone besutan Apple itu. Pengguna Android, sebenarnya bisa dengan mudah mengubah tampilan antarmuka gadget-nya supaya mirip iOS.

Di dalam Google Play Store, terdapat sejumlah aplikasi yang bisa mengubah tampilan Android jadi mirip dengan iOS. Modifikasi itu pun bisa terjadi seutuhnya atau hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Semua kembali pada pilihan pengguna.

Seperti yang KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (26/1/2015), berikut ini KompasTekno rangkum sejumlah aplikasi yang bisa Anda unduh gratis via Google Play Store untuk mebuat Android jadi rasa iOS:

1. Ubah lock screen

Salah satu bagian penting untuk mencipkatan cita rasa iOS adalah Lock Screen. Apple membuat iOS memiliki fitur lock screen khas berupa Slide to Unlock. Fitur ini bisa saja ditiru, menggunakan aplikasi HI Lockscreen atau OS 8 Lockscreen.

HI Lockscreen akan membuat tampilan lockscreen berubah menjadi mirip iOS 8. Penunjuk waktu berada di tengah layar dan menggunakan font khas Apple.


HI Lockscreen

Di sisi kiri atas terdapat penunjuk sinyal serta nama jaringan operator yang dipakai. Sementara di kanan atas terdapat indikator baterai.

Bergeser ke bawah, lockscreen ini juga menampilkan tulisan Slide to Unlock yang khas di iPhone. Sedangkan di sisi kanan bawahnya terdapat icon kamera. Fungsi icon kamera ini tentu saja sebagai pemintas untuk aplikasi fotografi itu. Pengguna cukup menggesernya ke atas saja.


OS 8 Lockscreen

Berikutnya, aplikasi OS 8 Lockscreen, punya tampilan serupa. Perbedaannya adalah huruf-huruf pada tulisan Slide to Unlock berukuran lebih besar. Kemudian pada sisi kiri atas layar tidak ada indikator sinyal; cuma ada nama jaringan operator saja.

2. Ubah tampilan icon

Tampilan ikon pada antarmuka Android dapat diubah menggunakan aplikasi launcher. Ada dua apliaksi yang bisa digunakan, yaitu 8 Launcher dan IO Launcher.

8 Launcher menggunakan ikon-ikon yang mirip dengan iOS, meski tidak 100 persen. Launcher yang satu ini punya kinerja yang ringan plus transisi antar layar yang mulus. 


8 Launcher

Namun tidak semua aplikasi akan berubah menggunakan icon ala iOS. Misalnya, icon peramban Google Chrome yang hanya dibungkus kotak saja dan diberi nama Browser. Kemudian pada bagian jam yang cenderung polos, padahal jam pada iOS memiliki corak-corak penunjuk waktu.

Secara keseluruhan, 8 Launcher cukup menarik untuk mengubah Android jadi mirip iOS.
Aplikasi kedua adalah IO Launcher. Aplikasi ini tidak utuh mengubah icon serta antarmuka Android. Cara kerjanya justru memadukan icon-icon ala iOS dengan Android.


IO Launcher

Selain icon yang mirip iOS, aplikasi ini juga memiliki sidebar berisi berbagai fitur seperti Bluetooth, WiFi dan lain-lain. Pengguna juga bisa memasang tools tertentu, icon buatan pihak ketiga atau pengaturan lain.

3. Ganti keyboard

Terakhir, sebaiknya Anda segera mengubah keyboard yang digunakan untuk mengetik. Keyboard yang mirip dengan Apple adalah aplikasi bernama Classic Keyboard. Aplikasi ini akan menumbuhkan cita rasa mirip dengan iPhone. Ada juga fitur tambahan berupa prediksi teks serta getaran dan suara saat mengetik.


Classic Keyboard
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com