Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyesalan Bill Gates, Tidak Bisa Bahasa Arab

Kompas.com - 29/01/2015, 14:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Orang terkaya di dunia pun memiliki penyesalan dalam hidup. Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengaku menyesal karena tak menguasai bahasa lain selain bahasa Inggris.

Pernyataan itu dilayangkan Gates saat ditanya pada forum AMA (Ask Me Anything) di situs Reddit. Sebenarnya, kata Gates, dia pernah belajar bahasa Latin dan Yunani di sekolah menengah. Ia pun mendapat nilai A saat itu.

"Namun, saya berharap bisa menguasai bahasa Perancis, Arab, atau Tiongkok," kata pria 59 tahun ini, sebagaimana dilaporkan Business Insider dan dikutip KompasTekno, Kamis (29/1/2015). "Saya berharap bakal punya waktu untuk belajar bahasa-bahasa itu," ia menambahkan.

Gates mengungkapkan, dirinya pernah mencoba belajar lewat Duolingo, sebuah aplikasi gratis untuk belajar bahasa. Namun, itu tak bertahan lama. Ujung-ujungnya Gates tetap tak menguasai bahasa-bahasa yang ingin ia pelajari.

Di lain sisi, beberapa pimpinan perusahaan teknologi telah meluangkan waktu untuk menguasai bahasa asing. Salah satunya CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Pengusaha muda ini mulai berlatih bahasa Mandarin sembari mengembangkan Facebook di awal-awal kemunculan jejaring sosial itu.

Kini, Zuckerberg dapat dikatakan menguasai bahasa Mandarin. Ia pernah melakukan talk show dalam bahasa Mandarin selama lebih kurang 30 menit di sebuah universitas di Tiongkok, Oktober lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com