Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pengoprek" Android Terima Rp 880 Miliar dari Microsoft?

Kompas.com - 30/01/2015, 09:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Situs The Wall Street Journal pada Kamis (29/1/2015) mengabarkan bahwa Microsoft menginvestasikan sejumlah uang kepada perusahaan startup pembuat custom ROM Android, Cyanogen.

Menurut sumber yang mengetahui permasalahan tersebut, jumlah dana yang diinvestasikan oleh perusahaan asal Remdond, Washington itu sekitar 70 juta dollar AS (sekitar Rp 880 miliar). Dana tersebut berasal dari sejumlah saham yang dijual Cyanogen kepada Microsoft.

Kesepakatan antara Microsoft dan "pengoprek Android" Cyanogen dipandang oleh para analis agak janggal, karena Microsoft sendiri memiliki platform Windows Phone yang pangsa pasarnya hanya sekitar 3 persen saat ini.

Spekulasi yang beredar, Microsoft ingin memasukkan mesin pencarinya, Bing ke dalam custom ROM yang dibuat Cyanogen agar bisa dipakai oleh lebih banyak pengguna.

Saat ini, custom ROM Android buatan Cyanogen diklaim telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna mobile di seluruh dunia, sebagian besar mengganti sistem operasi awal smartphone-nya dengan Cyanogen.

OnePlus One adalah salah satu smartphone Android yang menggunakan custom ROM tersebut.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa investor-investor lain kemungkinan juga akan bergabung dengan Cyanogen karena mereka juga ingin mengurangi kontrol Google atas Android.

Namun, sumber tersebut tidak mau menjelaskan secara rinci, siapa saja calon investor yang berminat menenamkan sahamnya di Cyanogen.

Beberapa perusahaan yang saat ini telah menginvestasikan dananya ke Cyanogen diketahui antara lain Benchmark Capital, Redpoint Ventures, Andreessen Horowitz dan raksasa jejaring sosial Tiongkok, Tencent.

Juru bicara resmi dari Microsoft dan Cyanogen menolak untuk berkomentar saat ditanya tentang kabar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com