Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Salip Samsung sebagai Produsen Smartphone Terbesar

Kompas.com - 30/01/2015, 10:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable
Ilustrasi

KOMPAS.com - Apple mencatat angka penjualan ponsel pintar iPhone sebanyak 74,5 juta unit dalam laporan keuangan kuartal IV 2014 yang berakhir Desember tahun lalu.

Angka yang berujung pada raihan laba sebesar 18 miliar dollar AS itu kabarnya juga lebih besar dibandingkan jumlah smartphone yang dijual Samsung dalam periode yang sama.

Artinya, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Mashable, Jumat (30/1/2015), Apple kini telah menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia, "menyalip" Samsung yang sebelumnya memegang predikat itu.

Samsung sendiri tidak menjelaskan berapa persisnya jumlah smartphone yang terjual pada kuartal tersebut. Namun, perusahaan asal Korsel itu mengungkapkan bahwa dari 95 juta perangkat mobile bikinannya yang dikapalkan pada kuartal IV 2014, 70 persen (sekitar 67 juta unit) merupakan smartphone.

Ada perbedaan istilah yang dipakai kedua perusahaan menyangkut unit penjualan. Samsung memakai istilah "pengkapalan" (shipment) yang berarti angka penjualan sebenarnya mungkin lebih rendah.

Di sisi lain, Apple memakai istilah "terjual" (sold) untuk iPhone sebanyak 74,5 juta. Tapi sejumlah analis berpendapat bahwa istilah "sold" yang dipakai Apple sedikit menyesatkan karena sebenarnya mengacu pada angka pengkapalan produk, bukan jumlah yang sampai ke tangan konsumen.

Strategy Analytics melansir laporan yang sedikit berbeda. Menurut lembaga riset pasar ini, baik Apple maupun Samsung sama-sama menjual smartphone sebanyak 74,5 juta unit pada kuartal 4 2014.

Angka tersebut, masih menurut Strategy Analytics, banyak berubah dari tahun sebelumnya, di mana Samsung menjual 86 juta unit smartphone sementara Apple terpaut cukup jauh dengan angka penjualan 51 juta unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com