Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Badan Ekonomi Kreatif Genjot Game Indonesia

Kompas.com - 30/01/2015, 17:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEK), Triawan Munaf akan menggenjot industri game dan aplikasi di Indonesia. Menurut dia, kebanyakan pengembang (developer) game di Indonesia saat ini hanya berminat jadi kontraktor.

Faktornya ia akui karena masih kurang dukungan dari pemerintah. "Masih kurang proteksi untuk para developer lokal. Investor lokal juga kurang bermain," kata Triawan saat dihubungi KompasTekno per telepon, Kamis (29/1/2015).

Untuk itu, Triawan mewacanakan akan memberi subsidi bagi para developer game yang serius ingin memajukan ekosistem industri dalam negeri. Investor lokal juga akan didorong untuk lebih percaya pada kualitas produk developer lokal. "Kita akan bantu dengan pemberian subsidi," katanya.

Selain masalah terkait regulasi dan modal, Triawan juga mengklaim masalah kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi tantangan. Untuk itu, ayah penyanyi Sherina Munaf ini berencana mengajukan pengembangan game dan aplikasi masuk dalam ranah pendidikan.

"Industri game dan aplikasi ini sudah mendunia. Kita harus genjot SDM di ranah pendidikan. Ini untuk tingkatkan daya saing," Triawan menjelaskan.

Terkait ini, Triawan mengatakan akan berkonsultasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Strategi dan wacana Triawan diakuinya belum digodok menjadi regulasi. Pasalnya, Ketua BEK yang baru menjabat 6 hari ini masih dalam tahap mengumpulkan informasi dari para pelaku industri. "Kita masih mengidentifikasi masalah, setelahnya baru menyusun strategi dan regulasinya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com