Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Catur Terkecil, Ukurannya Cuma 487 Byte

Kompas.com - 31/01/2015, 09:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Tampilan BootChess (kiri) dan sampul game pemegang rekor catur terkecil sebelumnya, 1K ZX Chess, yang dirilis pada 1983

KOMPAS.com - File game komputer modern masa kini lazimya menyita ruang sebesar belasan hingga puluhan gigabyte di dalam harddisk. Bahkan game mobile pun besarnya bisa ratusan hingga ribuan megabyte.

Bagaimana jika ada game yang ukurannya demikian kecil sehingga hampir-hampir tak memakan tempat sama sekali? Itulah yang diwujudkan oleh sebuah grup programmer bernama Red Sector Inch lewat game catur berjudul BootChess.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Geek.com, Sabtu(30/1/2015), ukuran file BootChess yang bisa dimainkan sepenuhnya ini hanya sebesar 487 byte atau tak sampai setengah kilobyte (KB).

Sebagai gambaran, 1 Gigabyte (GB) setara dengan 1.000 Megabyte (MB), sementara 1 Megabyte setara dengan 1.000 Kilobyte.

Saking mungilnya, BootChess mengalahkan rekor terdahulu untuk game catur terkecil yang sebelumnya dipegang oleh 1K ZX Chess (672 byte) yang dirilis tahun 1983 untuk platform Sinclair ZX81.

Tentu, dengan ukuran sekecil itu, tak banyak yang bisa dilakukan programmer untuk mempercantik tampilan BootChess. Game ini pun terlihat seperti deretan angka dan huruf yang disusun dalam pola kotak mirip papan catur.

Namun tetap saja BootChess merupakan pencapaian tersendiri dalam assembly coding. Apalagi ia bisa berjalan di beberapa platform berbeda, termasuk Windows, Linux, dan Mac OS X.

Nah, seperti apa rupa game catur “terkecil” di dunia ini? Simak aksinya dalam video di bawah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com