Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis 7 Tahun Bobol Wi-Fi dalam 11 Menit

Kompas.com - 02/02/2015, 19:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Daily Mail
Betsy Davies meretas Wi-Fi hotspot dalam waktu hanya 11 menit

KOMPAS.com — Hotspot Wi-Fi terbuka yang banyak bertebaran di kafe, hotel, atau tempat lain memang asyik karena menyediakan akses internet gratis. Namun, jaringan nirkabel ini juga rawan dibobol dan memungkinkan hacker menyadap data pengguna yang tergabung di dalamnya.

Bahkan, Betsy Davies, seorang gadis kecil asal London, Inggris, yang baru berumur 7 tahun bisa meretas hotspot Wi-Fi dalam waktu hanya 10 menit 54 detik.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Daily Mail, Senin (2/2/2015), Davies melakukan peretasan tersebut dalam rangka percobaan keamanan yang diselenggarakan oleh sebuah penyedia layanan virtual private network (VPN). Ia didampingi oleh pakar keamanan online Marcus Dempsey.

"Hasil eksperimen ini mengkhawatirkan, tetapi tidak mengejutkan," ujar Dempsey. "Pada zaman seperti sekarang, saat anak-anak kerap lebih fasih teknologi dibanding orang dewasa, peretasan terbilang sangat mudah dilakukan."

Dempsey menekankan pentingnya membimbing anak dalam menggunakan teknologi agar bisa memanfaatkan pengetahuannya untuk tujuan baik dan tidak terpeleset ke dalam dunia hitam hacker.

Lalu, bagaimana Davies membobol jaringan Wi-Fi? Rupanya dia mengandalkan tutorial online yang banyak tersedia di internet. Di YouTube saja tersedia sekitar 14.000 video tentang cara meretas hotspot.

Berbekal pengetahuan yang diperolehnya dari tutorial itu, Davies melancarkan serangan man in the middle dengan sebuah access point palsu, lalu mulai mengendus trafik yang dilakukan oleh komputer sasaran.

Serangan semacam ini memungkinkan hacker menyadap berbagai macam informasi yang disalurkan lewat trafik Wi-Fi oleh komputer korban, seperti data akun e-mail, akun rekening bank, dan lain-lain.

Cian McKenna-Charley, direktur pemasaran penyedia layanan VPN yang menyelenggarakan percobaan tersebut, mengatakan bahwa kriminal cyber saat ini tak lagi hanya menyerang sasaran dari jarak jauh, tetapi bisa saja duduk bersebelahan di dalam kafe.

"Jika seorang anak saja bisa meretas jaringan Wi-Fi dalam hitungan menit, bayangkan apa yang bisa dilakukan oleh seorang hacker profesional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com