Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grace Hopper, Ibu Pemrograman Pencetus "Bug"

Kompas.com - 03/02/2015, 11:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Jarang ada perempuan yang berperan dalam industri teknologi. Namun siapa sangka, di masa genting Perang Dunia ke II, ada sosok perempuan yang justru menjadi tulang punggung sistem komputasi.

Dia disebut "Ibu Pemgraman". Namanya Grace Hopper, seorang profesor matematika, Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat, dan seseorang yang mempopulerkan istilah "bug" di dunia teknologi.

Seperti diketahui, "bug" adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut kerusakan, kelemahan, atau error pada sistem komputasi. Selain itu, Hopper juga berperan dalam penciptaan COBOL (Common Business Oriented Language), yakni bahasa pemrograman generasi ketiga.

Peran Hopper di dunia komputasi berawal saat meletusnya Perang Dunia ke-2. Saat itu, pemerintah menghimbau para perempuan untuk mengerjakan pekerjaan pria, karena hampir semua pria dikerahkan untuk berperang.

Hopper yang sebelumnya ditolak dari lembaga militer karena lemah fisik, akhirnya bergabung dalam suatu unit pemrograman di Harvard.

Di sana, ia bersama timnya menjadi pembuat program pertama untuk Harvard Mark 1. Bagi yang belum tahu, Harvard Mark 1 adalah sebuah komputer elektromekanik yang digunakan di saat-saat terakhir Perang Dunia ke II.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Hopper tetap berkecimpung di dunia komputer dan beberapa kali menyelesaikan masalah pemrograman. Ia meninggal dunia pada 1 Desember 1992 pada usia 86 tahun.

Kisah selengkapnya tentang Hopper dapat disaksikan dalam film bertajuk "The Queen of Code". Film yang disutradarai artis Gillian Jacobs ini berdurasi 16 menit dengan menyisipkan unsur humor dalam penyajiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com