Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kisah 9Gag Mau Gandeng "Developer" Indonesia

Kompas.com - 03/02/2015, 16:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA. KOMPAS.com — Berawal dari tukaran kartu nama, CEO 9Gag Ray Chan dan CEO TouchTen Games Anton Soeharyo akhirnya menjalin kerja sama di ranah game online.

"Kami bertemu sekali pada tahun lalu dan dia (Anton) memberikan kartu namanya. Sejak saat itu kami berkomunikasi secara intens lewat Facebook," kata Chan saat ditemui, Senin (2/2/2015), di sela-sela acara "9Gag Goes to Jakarta", fX Senayan.

Diskusi ringan di Facebook terkait kekaguman Anton pada 9Gag dan rasa penasaran Chan pada game membuat keduanya semakin mengenal satu sama lain. "Dia (Anton) orang yang sangat baik dan bisa dipercaya," begitu tanggapan Chan atas Anton.

Akhirnya, diskusi ringan tersebut masuk ke ranah bisnis, mengingat keduanya adalah pebisnis online walau di bidang berbeda. "Saya bilang pada Anton kalau saya ingin mengeksplor ranah game," Chan berujar.

Setali tiga uang, Anton pun ternyata punya niatan untuk membuat game yang berbeda dari yang lain. "Akhirnya kami putuskan pada Oktober tahun lalu (2014) bahwa kita harus bekerja sama untuk membuat sebuah game," kata CEO situs yang memopulerkan meme ini.

Hanya dalam waktu lebih kurang dua bulan setelah omongan itu diutarakan, 9Gag dan TouchTen akhirnya merilis game bertajuk "RedHead Redemption" pada 24 Desember 2014.

"Hanya sehari sebelum Natal. Itu adalah Natal terbaik di hidup saya," kata Anton.

Tak dinyana, proyek yang diklaim keduanya sebagai proyek iseng tersebut diterima dengan baik oleh pasar. "Tiga minggu setelah rilis, aplikasinya di-download 600.000 kali. Bisa dibilang ini awal yang baiklah," kata Anton.

RedHead Redemption adalah game parodi dari game bertajuk "Red Dead Redemption" besutan Rockstar Games di New York. Game ini bercerita tentang seorang kakak perempuan yang menggendong adik bayinya dan harus mengalahkan para zombie.

Karakter kakak perempuan itu dibuat mirip dengan karakter May pada game Cute Kill besutan TouchTen sebelumnya.

Bisa dikatakan, RedHead Redemption adalah pemutakhiran dari Cute Kill yang dirilis pada 2013.

Yang berubah adalah peningkatan kualitas gambar, desain antarmuka yang lebih menarik, serta level yang lebih banyak. Tak lupa, zombie yang menjadi musuh di game ini dibuat menyerupai tokoh meme yang populer di 9Gag.

Saat ini, RedHead Redemption dapat diunduh di Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com